Agar Awet, Rawat Jas Hujan Kalian

Agar Awet, Rawat Jas Hujan Kalian

Dian | 10 Apr 2019

GANLOB.COM – Di musim hujan seperti sekarang, jas hujan menjadi item penting bagi pengendara motor untuk melindungi tubuh. Jas hujan biasanya dibuat dengan dua bahan utama, yaitu plastik dan karet. Jas hujan plastik, lebih ringan dan gampang disimpan, sedangkan jas hujan karet tidak mudah robek.

Agar awet itu jas hujan juga perlu perawatan khusus. Berikut tips merawat jas hujan yang bisa kalian simak.

Langsung bersihkan
Setelah dipakai bersihkanlah jas hujan dari sisa air hujan atau percikan kotoran/debu dengan cara mencucinya menggunakan air mengalir atau mengelapnya dengan lap basah. Jangan pernah mengucek jas hujan, karena bisa membuat bahan jas robek atau rusak.

Cuci dengan benar
Untuk mencuci jas hujan tidak bisa sembarangan. Sebaiknya pakai air hangat (bukan panas) dan jangan pakai deterjen, pilih sabun yang ringan, seperti sabun bayi atau sabun pencuci piring.

Sikat bila perlu
Bila dirasa kotoran yang menempel pada jas susah dibilas, sikatlah jas pelan-pelan dengan sikat lembut dan air sabun. Jangan terlalu keras menyikatnya karena akan membuat serat plastik pada jas hujan rusak. Pastikan untuk menyikat seluruh bagian, termasuk topi dan risleting. Untuk menghilangkan jamur pada jas hujan, coba rendam pakai air hangat dengan perasan jeruk lemon.

Keringkan
Setelah dibilas keringkan jas hujan dengan cara diangin-anginkan atau dilap. Jangan menjemur jas hujan di bawah sinar matahari langsung karena bisa membuat jas hujan menjadi getas dan gampang rusak. Sebelum disimpan, pastikan jas hujan kalian sudah benar-benar kering, karena jas hujan yang lembab akan berbau apek dan berjamur.

Simpan di tempatnya
Lipatlah jas hujan dengan rapi dan masukkan ke dalam tas khusus yang mudah dibawa. Agar tidak kotor atau terkena debu, simpan jas hujan yang bersih di bawah jok atau di dalam boks motor. Jika jas hujan tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama, simpanlah jas hujan dalam keadaan bersih dan kering, masukkan ke dalam tas khusus, lalu letakkan di lemari atau tempat yang aman dari gigitan tikus.

Ganti jas hujan
Jas hujan dengan pemakaian dan perawatan normal biasanya bertahan untuk satu tahun pemakaian sebelum waterproof-nya ‘jebol’, karena itulah sebaiknya pengendara sepeda motor membeli jas hujan yang baru setelah satu tahun.

 

 

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA