Tips Merawat Rambut Kering

Tips Merawat Rambut Kering

Dian | 08 Apr 2019

GANLOB.COM – Memiliki rambut sehat merupakan impian semua orang. Namun setiap orang memiliki tipe atau jenis rambut yang berbeda-beda, salah satunya adalah kering. Untuk jenis rambut ini diperlukan perawatan yang terbilang ektra karena sangat rentan mengalami kerusakan.

Berikut beberapa tips perawatan rambut kering yang bisa kalian simak.

Jangan keramas terlalu sering
Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan hilangnya minyak alami pada kulit kepada dan rambut. Hal ini justru membuat rambut tambah kering dan menjadi rapuh. Agar rambut tidak kering, Sebaiknya cucilah rambut setiap 2-3 hari sekali untuk mempertahankan minyak alami di rambut Anda.

Gunakan shampo khusus rambut kering
Pakailah shampo khusus untuk rambut kering yang ber pH 4,5-6,7. Gunakan juga kondisioner yang tidak mengandung alkohol seusai keramas agar kelembaban rambut tetap terjaga.

Jauhi pewarna rambut
Pewarna rambut mengandung bahan kimia yang cukup keras yang dapat menyerap minyak alami rambut yang akan membuat rambut menjadi kering dan rontok.

Hindari hairdryer
Keringkanlah rambut secara alami dengan menggunakan handuk lalu angin-anginkan, hindari menggunakan pengering rambut atau hairdyer karena itu akan membuat rambut kalian makin kering dan rusak.

Potonglah rambut secara teratur
Potonglah rambut secara rutin. Rambut kering biasanya rapuh, karena itulah minimal dengan rutin memotong rambut, kalian bisa membuat bagian rambut yang kering dan bercabang.

Perbanyak asupan air putih
Perlu diketahui, kesehatan rambut juga dipengaruhi dari kecukupan konsumsi air putih. Minum air putih yang cukup dapat menghidrasi sel-sel di rambut dan kuku Anda. Kelembapan ini diperlukan agar rambut terhindar dari kekeringan dan kerusakan lainnya.

Perhatikan asupan gizi
Untuk mencukupi asupan lemak sehat untuk rambut, kalian bisa mengonsumsi buah alpukat, ikan salmon dan minyak zaitun secara teratur.

Pakai topi saat berada di luar ruangan
Saat beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan penutup kepala seperti topi agar rambut terlindung dari polusi dan paparan sinar matahari.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA