Hindari Jerawat dengan 10 Kebiasaan Berikut Sumber Foto: His Style Diary

Hindari Jerawat dengan 10 Kebiasaan Berikut

Dian | 14 Feb 2019

GANLOB.COM – Punya wajah terawat dan bebas jerawat adalah impian semua orang. Walaupun sepele,  jerawat bisa membuat tingkat kepedean seseorang turun. Beberapa wanita bahkan akan langsung ilfil melihat pria yang wajahnya berjerawat.

Mencegah jerawat muncul di wajah sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa kalian lakukan agar terhindar dari jerawat. Silahkan disimak dan selamat mencoba!

Jagalah kebersihan wajah
Debu, kotoran dan keringat yang menempel pada wajah saat kita beraktivitas dapat menyumbat pori-pori dan beresiko mendatangkan bakteri penyebab jerawat. Bersihkan wajah saat pagi dan malam hari agar wajah Anda dapat selalu sehat dan berseri.

Konsumsi air putih
Air putih memiliki banyak khasiat bagi tubuh, termasuk mendetoksifikasi berbagai racun yang terdapat di dalam tubuh dan menyingkirkan darah kotor, yang akan berperan besar untuk memunculkan jerawat.

Selain itu, air putih juga akan mengontrol produksi minyak pada kulit dan meminimalisir resiko timbulnya jerawat.

Rajin membersihkan smartphone
Penelitian telah menunjukkan bahwa ponsel Anda lebih kotor daripada toilet umum,” kata Dr. Zeichner. “Jika Anda tidak membersihkannya secara teratur dengan alkohol dan menggosok wajah Anda, Anda mungkin mentransfer kotoran itu ke kulit, yang dikombinasikan dengan gesekan, dapat meningkatkan jerawat,” katanya.

Perhatikan asupan makanan
Jauhi makanan berminyak, berlema dan pedas karena dapat merangsang dan menstimulus kulit anda untuk memproduksi lebih banyak minyak. Produksi minyak yang berlebih tentu saja akan meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pori-pori yang akan menimbulkan jerawat.

Jangan memencet jerawat
Jangan pernah memencet jerawat. Bukan hanya karena tangan kita yang kotor, dengan memencet jerawat, kita juga akan menekan sumbatan pori ke bagian yang lebih dalam sehingga malah menyebabkan bekas jerawat.

Olahraga rutin
Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan segala racun dan zat berbahaya yang ada dalam tubuh melalui keringat, sehingga pori-pori kulit akan menjadi lebih bersih dan jerawat pun enggan datang. Selain itu, olahraga memicu produksi kolagen yang sangat baik untuk kulit.

Tidur yang cukup
Menurut sebuah studi yang membahas tentang tidur, disebutkan bahwa resiko stres dalam psikologis seseorang dapat meningkat sekitar 14%, jika Anda melewatkan setiap jam di tidur malam Anda.

“Stres dapat meningkatkan produksi glukokortikoid, yaitu golongan hormon steroid yang dapat memicu hadirnya ketidaknormalam pada fungsi dan struktur kulit,” ujar Sonia Badreshia-Bansal, seorang dermatologist di Danville, CA.

Dan hal tersebut dapat membuat kondisi jerawat seseorang semakin memburuk. Jadi, usahakanlah untuk tidur setidaknya 8 jam sehari.

Hindari memegang wajah dengan tangan
Usahakan untuk tidak memegang wajah, terutama saat beraktivitas. Debu atau kotoran pada tangan bisa menempel di wajah dan membuat wajah kotor sehingga resiko timbulnya jerawat menjadi besar. Sebelum memegang wajah pastikan dulu tangan kamu bersih.

Jaga kebersihan rambut
Jagalah kebersihan rambut kalian dan usahakan agar ujung-ujung rambut tidak menyentuh wajah. Residu dari sampo dan produk rambut lainnya yang menempel di ujung rambut bisa memicu timbulnya jerawat kecil-kecil.

Mengganti sarung bantal
Pastikan juga sarung bantal kalian bersih dan rutinlah menggantinya. Pada saat kita tidur wajah kita bersentuhan langsung dengan bantal sehingga bakteri tersebut bisa pindah ke wajah dan menyebabkan jerawat.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA