Melihat Lebih Dekat All-new BMW X4

Melihat Lebih Dekat All-new BMW X4

Dian | 08 Feb 2019

GANLOB.COM – Awal tahun ini BMW Indonesia kembali memperkenalkan generasi terbaru dari BMW Sports Activity Coupé, All-new BMW X4.

BMW X4 – Sports Activity Coupé pertama di segmen premium ukuran menengah merupakan pelopor di segmennya dan siap membentuk standar baru.

Lebih dari 200.000 unit BMW X4 generasi pertama telah terjual secara global dalam kurun waktu hanya empat tahun. Salah satu alasan untuk popularitasnya yang luar biasa adalah BMW X4 merupakan trend-setter.

“Di segmen kendaraan premium Sports Activity Coupé mid-range, BMW adalah pelopor yang menggabungkan perpaduan karakteristik antara fitur sebuah BMW X dengan keanggunan coupé,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

All-new BMW X4 hadir dalam varian M Sport X yang sebelumnya telah diperkenalkan pada BMW X2, Sports Activity Coupé generasi terbaru yang diperkenalkan tahun lalu. Rangkaian kendaraan terbaru ini termasuk diantaranya All-new BMW X7, All-new BMW Seri 8 coupe, serta beberapa model BMW baru lainnya.

mobil-BMW

Desain dan proporsi
Desain eksterior BMW X4 terbaru hadir dengan garis desain tegas dan proporsi yang dinamis. Bahasa desainnya menggabungkan penampilan percaya diri dari sebuah kendaraan BMW X dengan keanggunan sporty khas BMW coupé.

Kontur body modern dan desain eksklusif merupakan interpretasi terbaru dari nilai estetika BMW X4. Model M Sport X yang baru dirancang untuk semakin mempertegas tampilan sporty off-road, berkat aksen styling Frozen Grey (warna yang dekat dengan dunia balap reli), serta intake udara depan, side skirts dan diffuser belakang yang semuanya didesain secara individual

Garis atap ala coupé menyatu dengan jendela belakang secara elegan sebelum turun tajam ke apron belakang. Proporsi dinamis dari All-new BMW X4 juga dipertegas dengan garis jendela yang panjang dan lekukan Hofmeister kink di pilar C. Lampu belakang LED dan twin exhaust tailpipe memberikan impresi kendaraan terlihat lebih lebar dan sudut-sudut ekstrovert.

All-new BMW X4 kini hadir dengan proporsi lebih dinamis dengan penambahan dimensi di panjang eksterior hingga 81 mm menjadi 4.752 mm, penambahan 54 mm di wheelbase (sekarang 2.864 mm), tambahan lebar 37 mm (1.918 mm), dan penurunan tinggi 3 mm (1.662 mm).

Overhangs pendek dan lengkungan roda heksagonal melambangkan distribusi bobot 50:50 yang seimbang antara as roda depan dan belakang. Unit lampu depan, terdiri dari kontur dinamis lampu daytime running lights dan lampu kabut horizontal yang terintegrasi ke dalam intake depan, menciptakan interpretasi baru dari wajah segi-enam yang menjadi ciri khas semua model BMW X. Lampu depan hadir dengan teknologi LED adaptif dengan selective beam sebagai standar.

mobil-BMW

Interior dan perlengkapan
Pengemudi dan penumpang di dalam All-new BMW X4 dapat menikmati kabin dengan nuansa modern dan elegan. Panel instrumen yang ditata dengan ergonomis serta posisi tempat duduk yang tinggi – tipikal BMW X – memungkinkan pengemudi untuk melihat jalan di depan dengan lebih jelas.

Tata letak kokpit yang berfokus pada pengemudi membantu menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman dan sporty. Kursi sports yang didesain dengan bantalan samping berkontur memberikan kenyamanan, bahkan dalam situasi pengendalian ekstrem. Bantalan lutut di konsol tengah menambah sentuhan sporty.

All-new BMW X4 dilengkapi dengan trim terbaru, M Sport X. Trim yang terinspirasi dari dunia reli ini dilengkapi dengan BMW M leather steering wheel, kursi sports dalam desain spesifik BMW M, BMW Individual headliner Anthracite, dan strip trim interior eksklusif dalam Aluminium Rhombicle Dark dengan aksen Pearl-effect Chrome, sehingga mengoptimalkan kesan sporty pada bagian depan.

Sebuah panoramic glass roof dengan dimensi besar pertama kalinya diaplikasikan di BMW X4. Permukaan kaca dua bagian dengan panjang keseluruhan 924 mm dan lebar 890 mm memungkinkan masuknya cahaya dan udara di dalam kabin sesuai kebutuhan, serta menambah rasa lapang dan nyaman – pengembangan dibandingkan dengan model pendahulunya.

Versi terbaru dari iDrive yang terdapat dalam All-new BMW X4 ini dirancang untuk tawarkan kontrol fungsi kendaraan, navigasi, komunikasi, dan infotainment yang lebih fleksibel dan ergonomis. Control Display kini berbentuk monitor resolusi tinggi yang dilengkapi dengan Navigation System Professional dan berukuran 10.25 inci, termasuk layar sentuh.

Touch control yang intuitif lebih jauh difasilitasi oleh tata letak menu tile-style dengan konten menarik. Cluster instrumen pengemudi hadir dengan layar 8.8 inci dan beradaptasi dengan mode pengendaraan yang dipilih (ECO Pro, Comfort dan Sport) juga tersedia di All-new BMW X4.

mobil-BMW

BMW X4 xDrive30i M Sport X – Pengendaraan Dinamis
Kendaraan ini tawarkan kombinasi sempurna antara karakteristik khas kendaraan BMW X dengan kelincahan dan pengendalian yang semakin ditingkatkan. All-new BMW X4 ini hanya hadir dalam satu varian, yaitu BMW X4 xDrive30i M Sport X.

Kendaraan ini menggunakan mesin 2.0 liter empat silinder, transmisi Steptronic delapan-percepatan dan sistem all-wheel drive BMW xDrive yang cerdas sebagai standar. Semua fitur tersebut menghasilkan impresi terbaik baik di jalan raya maupun kondisi off-road.

Unit empat silinder BMW TwinPower Turbo dalam All-new BMW X4 xDrive30i terdiri dari twin-scroll turbocharger, High Precision Injection, VALVETRONIC fully-variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control, menghasilkan tenaga 252 hp dan torsi puncak 350 Nm (258 lb ft) yang tersedia antara putaran mesin 1.450 dan 4.800 rpm. Ini memungkinkan akselerasi 0 hingga 100 km/jam dalam 6.3 detik, dengan konsumsi bahan bakar gabungan 7.3 – 7.2 liter per 100 kilometer dan emisi CO2 168 – 164 gram* per kilometer.

Selain itu, All-new BMW X4 memiliki berat 50 kilogram lebih ringan dibandingkan pendahulunya serta pusat gravitasi yang jauh lebih rendah dibandingkan BMW X3 baru, sehingga meningkatkan kedinamisan, khususnya di tikungan. Faktor lain dalam kedinamisan dan efisiensi superior All-new BMW X4 adalah efisiensi aerodinamika hingga sekitar 10 persen. Bahkan, all-new BMW X4 tetapkan tolak ukur baru di segmennya dengan drag coefficient  (Cd) 0.30.

Ketangguhan dari all-new BMW X4 ini tidak terlepas dari keberadaan sistem BMW xDrive, intellegent all-wheel-drive. Versi terbaru dari sistem ini memiliki bobot yang lebih ringan, dengan efisiensi yang meningkat. Ditambah, kontrol elektronik yang sangat presisi dalam mendistribusikan tenaga, tingkatkan efek sporty khas BMW.

Spesifikasi standar untuk All-new BMW X4 yang dipasarkan di Indonesia tidak hanya mencakup suspensi M Sport dengan Vertical Dynamic Control tetapi juga Variable Sport Steering. Variable Sport Steering secara khusus dibuat untuk berikan kualitas pengendalian dinamis, sistem ini memastikan tingkat pengendalian tinggi saat melalui tikungan tajam serta stabilitas saat di jalan lurus. Pada bagian suspensi, Vertical Dynamic Control adalah fitur yang hadir untuk menambah kenyamanan penumpang saat berkendara jarak jauh.

Selain tawarkan kestabilan saat berkendara, BMW xDrive juga membantu pengendalian kendaraan di medan yang licin dan off-road. Dengan ground clearence 204 mm, wading depth 500 mm, sudut breakover 19.4°, dan sudut kedatangan dan keberangkatan masing-masing 25.7° dan 22.6°, Sports Activity Coupé ini ideal untuk digunakan di jalan dalam kondisi ektrem sekalipun.

All-new BMW X4 xDrive30i M Sport X akan hadir secara publik untuk pertama kalinya di BMW Exhibition, Plaza Senayan, mulai dari 15-17 Februari 2019, dan setelah itu akan tersedia di seluruh diler resmi BMW dengan harga Rp. 1.459.000.000, -off-the-road.

Semua kendaraan termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh.

Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. Ini termasuk biaya ban dan tenaga kerja, selain mencakup kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, ban pecah dan ban robek, serta kerusakan yang diakibatkan oleh kendaraan yang terus melaju dengan ban kempes. Setiap ban yang rusak akan diganti dengan yang asli, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA