Jadi Pengangguran, Jose Mourinho Juga Dipidana

Jadi Pengangguran, Jose Mourinho Juga Dipidana

Tivan Rahmat | 06 Feb 2019

GANLOB.COM – Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Mungkin, itulah peribahasa yang cocok untuk menggambarkan kondisi yang dialami Jose Mourinho saat ini.

Setelah memutuskan mundur sebagai manajer Manchester United pada akhir tahun lalu, pelatih asal Portugal ini belum memiliki pekerjaan baru. Masalah pun tak berhenti sampai disitu saja.

Ia divonis menerima hukuman penjara satu tahun karena kasus penipuan pajak di Spanyol, akan tetapi ia tak akan masuk bui karena mendapatkan jaminan dari klub lamanya, Real Madrid.

Sebagai informasi, kasus ini melilit Mourinho saat ia masih menangani Real Madrid dari tahun 2010 hingga 2013. Dan menurut otoritas pajak Spanyol, The Special One tidak melaporkan penghasilannya dari image rights alias hak citranya.

Pihak otoritas pajak Spanyol sendiri mengajukan klaim itu terhadap Mourinho tahun lalu. Mereka menyebut eks bos Chelsea itu mengemplang pajak itu pada tahun 2011 dan 2012.

Dari situ pihak otoritas pajak Spanyol menyebut Mourinho berhutang 3,3 juta euro pada pihaknya. Sementara itu pihak jaksa penuntut Spanyol menyebut Mourinho menciptakan sejumlah badan usaha di Kepulauan Virgin Britania Raya dan di tempat lain untuk mengelola pemasukan dari hak citranya.

Jaksa penuntut berpendapat bahwa pengaturan itu dirancang untuk mengaburkan keuntungan finansial dari transaksi semacam itu. Sementara itu Mourinho membiarkan hal tersebut tidak diumumkan dalam laporan pajaknya.

Sidang terkait kasus pajak ini akhirnya digelar pada hari Selasa (5/2/2019) pagi waktu setempat. Menurut laporan dari BBC, setelah dilakukan hearing, Mourinho akhirnya menerima hukuman satu tahun penjara itu.

Akan tetapi ia tak akan sampai masuk penjara. Sebab hukuman itu akan digantinya dengan membayarkan denda, yang besarnya mencapai 182, 500 euro. Namun jumlah itu akan ditambahkan ke dalam denda lain yang terpisah yang bernilai sekitar dua juta euro.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA