Kenali Penyebab, Cegah dan Atasi Nyeri Punggung

Kenali Penyebab, Cegah dan Atasi Nyeri Punggung

Dian | 01 Feb 2019

GANLOB.COM – Nyeri atau sakit punggung kerap dialami banyak orang. Walaupun kadang dianggap sepele, namun jika didiamkan akan sangat mengganggu aktivitas dan berakibat fatal.

Sakit punggung bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain mengangkat barang yang terlalu berat, gerakan tiba-tiba, berdiri terlalu lama, membungkuk terlalu dalam atau faktor lain, seperti kehamilan, anxiety, depresi, obesitas dan usia.

Sakit atau nyeri punggung bisa dicegah dengan beberapa kebiasaan mudah, yaitu peregangan atau olahraga ringan setiap pagi, sering mengubah posisi duduk atau tidur, biasakan untuk tidak berlutut (bukan membungkuk) ketika mengambil sesuatu dan berdiri atau duduk tegak.

Jika nyeri punggung terjadi ada beberapa cara yang bisa terapkan untuk mengobati atau menguranginya, yaitu kompres dengan air dingin bagian punggung yang sakit sesegera mungkin selama 10 menit untuk meredakan nyeri dan pembengkakan, minum obat pereda nyeri dan memijat punggung secara teratur di rumah atau di pusat kesehatan.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA