Tips Merawat Tas Ransel Agar Awet

Tips Merawat Tas Ransel Agar Awet

Dian | 10 Jan 2019

GANLOB.COM – Ransel merupakan salah satu jenis tas yang sangat disukai, terutama oleh pria. Selain gampang dibawa dan bisa memuat banyak barang, tas jenis ini juga sifatnya timeless alias tidak bakal pernah ketinggalan zaman.

Saat ini banyak sekali model dan merek tas ransel yang ditawarkan di pasaran, namun apapun modelnya, akan tetap terlihat kusam dan gampang rusak jika tidak dirawat. Berikut ini beberapa tips merawat tas ransel agar awet yang bisa kalian simak.

Tata bawaan dengan baik
Walaupun dapat memuat banyak barang, namun jangan seenaknya memasukkan berbagai keperluanmu dalam tas ransel. Selain akan merusak barang-barang kalian, memasukkan barang dengan sembarangan juga bisa merusak tas ransel kalian.

Tatalah barang bawaan kamu secara rapi dalam tas ransel. Cara ini dapat mencegah tasmu berubah bentuk atau kompartemennya jebol.

Perhatikan banyaknya barang
Bisa menampung banyak barang bukan berarti mampu mengakomodasi beban tanpa batas. Jangan sampai kamu asal memasukkan semua barang karena merasa masih ada ruang kosong dalam ranselmu.

Baca petunjuk penggunaan, ada batasan beban tertentu yang disarankan oleh produsen. Batasan tersebut tergantung besar dan material dasar tas tersebut. Ikuti saran dan jangan sekali-kali melanggarnya jika tidak ingin tas ransel kamu cepat rusak terutama di bagian tali ransel.

Bersihkan tas setelah dipakai
Usahakanlah untuk membersihkan tas setelah dipakai. Keluarkan semua barang dan bersihkan remahan atau sampah yang ada di dalam tas. Remahan atau sampah memicu munculnya rayap ataupun serangga lainnya yang siap menggerogoti tas ranselmu.

Angin-anginkan
Minimal seminggu sekali, walaupun tidak dicuci coba biarkan semua zipper kantong dan kompartemen terbuka. Sama kaya kita, ransel pun perlu bernafas dan terhindar dari jamur dan bau apek.

Bersihkan tas dengan lap
Rutinlah untuk membersihkan tas ransel kalian. Bersihkanlah dengan kain yang membab atau sedikit basah merupakan langkah yang paling sederhana untuk menjaga kebersihan tas ransel. Langkah ini bisa dilakukan pada semua bahan tas, baik itu nilon, kain biasa maupun bahan parasit.

Jangan gunakan deterjen atau sikat yang keras, karena akan membuat warna dan bahannya rusak. Jangan pula menjemur tas ransel di bawah sinar matahari langsung, karena akan membuatnya menjadi pudar.

Simpan di tempat sejuk dan kering
Saat tidak dipakai, simpanlah tas ransel kalian di tempat penyimpanan yang sejuk (tidak lembab) agar ranselmu aman dari serangan jamur. Kalian juga bisa menambahkan kapur barus di dalam tas agar tidak apek. Pastikan plastik menutup seluruh permukaan tas, dan jangan biarkan ada bagian yang terbuka, yang memungkinkan debu masuk.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA