Mantap, Musik Reggae Jadi Warisan Budaya UNESCO

Mantap, Musik Reggae Jadi Warisan Budaya UNESCO

Tivan Rahmat | 03 Dec 2018

GANLOB.COM –  Masyarakat Jamaika saat ini tengah berbahagia lantara musik kebanggaan mereka, Reggae, dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya UNESCO.

Ajakan perdamaian, irama musik menenangkan, dan lirik yang jujur pada setiap lagu Reggae dianggap organisasi PBB itu sebagai warisan yang bukan hanya harus dijaga, namun juga dilestarikan.

“Hari ini hari bersejarah. Kami sangat, sangat gembira,” buka Menteri Kebudayaan Jamaika,  Olivia Grange, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (03/12).

“Ke manapun kau pergi dan memberitahu seseorang kau berasal dari Jamaika, mereka berkata, ‘Bob Marley’,” sambungnya.

Selain itu, UNESCO juga menilai bahwa reggae merupakan suara dari kaum marjinal yang berkembang menjadi syair merdu dari masyarakat secara umum tanpa adanya perbedaan gender, etnis dan agama.

“Musik reggae telah berkontribusi secara internasional, mewakili isu-isu tentang ketidakadilan, perlawanan, cinta dan kemanausiaan. Secara umum, reggae menjadi bentuk perayaan dinamis, baik dari sudut sosial, politik, dan spiritual,” ujar  perwakilan UNESCO.

Sekadar informasi, Reggae sendiri merupakan genre musik yang terlahir sekitar akhir ’60-an. Aliran musik yang melekat dengan sosok Bob Marley ini adalah ‘turunan’ dari gabungan ska dan rocksteady yang sedikit dibumbui sentuhan jazz dan blues.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA