Vivo V11 Pro, Inovatif dan Elegan

Vivo V11 Pro, Inovatif dan Elegan

Tivan Rahmat | 06 Nov 2018

GANLOB.COM – Tak ingin dianggap sebagai pengikut saja, Vivo membawa inovasi pada smartphone terbaru miliknya, Vivo V11 Pro.

Berstatus sebagai smartphone pertama di Indonesia yang memiliki pemindai sidik jari di bawah layar, merek smartphone yang menjadikan Agnez Mo sebagai brand ambassador-nya ini cukup diminati konsumen milenial di Tanah Air. Lalu, apa saja daya tarik Vivo V11 Pro? Ulasan berikut ini mungkin bisa menjadi alasannya.

 

Desain dan Layar
Menyasar segmen pasar menengah ke atas, Vivo V11 Pro melapisi casing belakangnya dengan material plastik saja. Meski terbilang ringkih, namun gradasi warna yang muncul pada smartphone 6,41 inci ini memberikan kesan mewah dan elegan. Apalagi, varian warna Vivo V11 Pro yang ‘mampir’ ke meja redaksi Ganlob.com adalah Nebula Purple.

Saat digenggam tangan, smartphone terasa ringan karena bobotnya yang hanya 156 gram saja. Sementara lengkungan bodi 3D di tiap sisinya membuat smartphone ini lengket dengan genggaman tangan.

Seperti biasa, bagian kiri-kanan smartphone dipakai untuk tombol volume, power, dan slot untuk SIM / MicroSD. Di bagian bawah, terdapat port USB, speaker, dan jack audio 3,5 mm.

Bergeser ke bagian layar, Vivo V11 Pro mengusung fitur kekinian dengan layar bezel less mencapai 91 persen, nyaris tidak memiiki bezel dan hanya menyisakan ‘notch’ berbentuk tetesan air (water drop).

Selain itu, Vivo V11 Pro V11 dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,41 inci dengan resolusi layar FHD+ (2340x1080p). Layar ini didukung teknologi Ultra All Screen dengan aspek rasio layar 19,5: 9. Teknologi Ultra All Screen membuat layar lebih luas dalam bermain game, menonton video dan lainnya.

 

Performa
Untuk dapur pacu, Vivo V11 Pro didukung prosesor kelas menengah Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang diklaim memiliki performa 20 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya. Chipset tersebut juga menjadi otak yang menggerakkan teknologi kecerdasan buatan di dalam smartphone.

Di sektor penyimpanan data, spesifikasi Vivo V11 Pro dilengkapi RAM 6 GB dan storage 64 GB. Di era seperti sekarang, ruang penyimpanan seperti itu terbilang lebih dari cukup dan mampu memfasilitasi keperluan multitasking. Secara teknis, hasil benchmark via AnTuTu memberikan nilai lebih dari 128.000 untuk perangkat ini.

Sedangkan saat untuk dipakai bermain game, grafisnya lumayan mengagumkan dan nyaris tanpa lag. Oh iya, game yang dimainkan adalah Mobile Legends. Bermain game menggunakan Vivo V11 Pro juga semakin menyenangkan karena didukung baterai 3.400 mAh sehingga bisa berlama-lama memainkan game.

Saat dipakai untuk penggunaan harian yang mencakup kegiatan kerja dan sosial media, Vivo V11 Pro masih tetap melek lebih dari satu hari. Soal pengisian baterai, fitur dual-engine fast charging membuat smartphone berponi ini sanggup mengisi daya dari 10 persen ke kondisi penuh dalam waktu kurang dari dua jam.

 

Screen Touch ID
Nah, inilah inovasi unggulan yang diusung Vivo V11 Pro. Screen Touch ID merupakan sebuah sensor sidik jari yang tertanam di bawah layar dan diklaim menjadi yang pertama hadir di Indonesia.

Untuk menggunakan fitur ini, Ganlobers terlebih dahulu harus memindai sidik jari kalian terlebih dahulu. Jika sudah, kalian tinggal menempelkan jari yang sudah dipindai ke bagian bawah layar. Kerennya, fitur ini langsung merespon kurang dari 1 detik.

Sedangkan fitur keamanan lainnya yang perlu dicatat adalah Face Access, pemindai wajah khas Vivo. Respon pendeteksian wajah pengguna terhadap smartphone hanya sekitar 0,5 detik saja.

 

Kamera
Seperti kebanyakan smartphone kekinian lainnya, kamera belakang Vivo V11 Pro terdiri dari dua lensa yang masing-masing beresolusi 12 MP dan 5 MP. Artinya, smartphone ini didesain untuk memberikan efek bokeh dan depth of field yang lebih ciamik.

Saat dipakai untuk memotret dengan kondisi pencahayaan yang cukup, hasilnya memuaskan karena obyek terlihat jelas dengan saturasi warna yang pas, tidak berlebihan. Efek bokeh yang dihasilkan pun cukup rapi. Istimewanya, tingkat bokeh alias blur pun bisa disesuaikan setelah proses pengambilan gambar.

Sementara adanya fitur Anti-Backlight AI HDR ini akan memberikan Ganlobers kemudahan untuk menangkap obyek dengan latar backlight.

Sayangnya, kemampuan kamera Vivo V11 Pro sedikit berkurang ketika dihadapkan pada kondisi cahaya yang minim. Hasil foto agak buram seiring dengan noise yang bermunculan.

Beranjak ke bagian depan, kamera selfie Vivo V11 Pro bisa melahap semua kondisi cahaya. Dengan kamera 25 MP, hasil foto cukup mumpuni. Untuk hasil foto Vivo V11 Pro, bisa Ganlobers lihat dalam galeri di bawah ini.

 

 

Kesimpulan
Melenggang di harga Rp. 4,9 juta, Vivo V11 Pro menawarkan fitur inovatif berupa Screen Touch ID. Buat Ganlobers yang ingin merasakan pengalaman baru, smartphone ini bisa menjadi referensi. Selain itu, desain dan bobotnya yang enteng memudahkan tangan untuk menggenggamnya.

Hanya saja, bahan plastik yang membungkus smartphone ini mengharuskan pengguna untuk lebih berhati-hati saat menggunakan perangkat.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA