Lawan Terberat Barcelona Bukan Real Madrid Sumber Foto: Urbanandsport/REX

Lawan Terberat Barcelona Bukan Real Madrid

Tivan Rahmat | 05 Nov 2018

GANLOB.COM –  Seiring berjalannya waktu, legenda Barcelona Xavi Hernandez menilai bahwa gaya sepak bola yang diusung Barca terus berkembang. Bahkan, ia meyakini jika pola permainan Barcelona akan relevan diterapkan di masa depan.

Meski begitu, bukan berarti gaya tiki-taka Barcelona tidak memiliki celah. Buktinya, Xavi pernah melakoni laga berat kala bertemu dengan Atletico Madrid. Yap, lawan terberat Barcelona di mata pria 38 tahun tersebut bukanlah seteru mereka di El Clasico, Real Madrid.

“Secara taktik, kami sudah sangat jauh, sudah sangat berkembang sehingga bermain dengan ruang kosong nyaris tak mungkin. Setiap tim berusaha menutup ruang tersebut. Secara fisik, juga tak mudah untuk berkembang,” buka Xavi lewat tribalfootball.

Menurut pemain yang kini membela Al Sadd SC ini, gaya tiki-taka Barcelona bisa ditandingi oleh penguasaan lapangan tanpa bola racikan pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

“Diego Simeone adalah salah satu sosok yang melakukan pendekatan ini dengan cara ekstrem. Menyerang pertahanan Simeone sangat sulit dan mereka tahu cara mengurangi ruang gerak kami.”

“Simeone percaya dia tak butuh bola untuk mendominasi pertandingan, namun dengan segala hormat, saya sebaliknya,” sambung pemilik nama lengkap Xavier Hernandez i Creus itu.

Di sisi lain, Xavi juga memuji kemampuan Simeone yang mampu memberikan arahan tepat kepada para pemainnya kala bertemu dengan Barcelona.

“Hal terbesar soal Simeone adalah dia tahu bagaimana caranya menyalurkan gagasannya pada para pemain dan meyakinkan mereka. Dia memastikan pada mereka bahwa inilah satu-satunya cara bersaing dengan Barcelona dan Madrid dan dia sudah mencapai itu,” tandas Xavi.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA