Bukan Cuma Jorok, Kebiasaan Mengupil Juga Berisiko Kematian

Bukan Cuma Jorok, Kebiasaan Mengupil Juga Berisiko Kematian

Tivan Rahmat | 12 Oct 2018

GANLOB.COM – Mengupil bisa menjadi salah satu kebiasaan buruk yang dilakukan sebagian besar masyarakat di dunia. Tak hanya menjijikan dan jorok, kebiasaan mengupil juga berisiko meningkatkan kematian karena pneumonia.

Setidaknya, itulah kesimpulan penelitian yang dipublikasikan dalam European Respiratory Journal. Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa penularan pneumonia bisa terjadi melalui kontak fisik antara hidung dan tangan.

Sementara itu, seorang peneliti klinis di Liverpool School of Tropical Medicine dan Royal Liverpool Hospital, dr. Victoria Connor mengatakan bahwa infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

“Orang tua dan orang-orang dengan penyebab lain dari gangguan kekebalan, seperti penyakit kronis, juga berisiko tinggi terkena infeksi pneumokokus. Pemahaman kami saat ini tentang transmisi pneumococcus sangatlah buruk, jadi kami ingin melihat bagaimana penyebarannya di masyarakat,” buka dr Victoria seperti dikutip dari The Sun, Kamis (11/10).

“Memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang bagaimana bakteri menyebar akan memungkinkan bagaimana penularan dapat dikurangi, sehingga ada pencegahan infeksi pneumokokus yang lebih besar,” sambungnya.

Sedangkan untuk proses pemindahan bakteri, para peneliti sepakat bahwa bakteri pembawa pneumokokus dapat berpindah dari tangan ke hidung dengan cara mengambil, mencolek, atau bahkan hanya dengan menggosok hidung mereka dengan punggung tangan.

“Mungkin tidak realistis untuk membuat anak-anak berhenti memegang, menusuk dan menggosok hidung mereka. Namun, tak perlu khawatir, kehadiran bakteri kadang-kadang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi peluang mereka untuk sakit di kemudian hari,” tutup Victoria.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA