12 Fakta Khabib Nurmagomedov

12 Fakta Khabib Nurmagomedov

Dian | 10 Oct 2018

GANLOB.COM – Setelah berhasil mengalahkan Conor McGregor dalam laga MMA perebutan gelar kelas ringan UFC yang digelar di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (6/10/) lalu, nama Khabib Nurmagomedov langsung menjadi sorotan banyak orang.

Banyak sekali yang penasaran dengan sosok petarung 30 tahun asal Rusia yang berhasil membuat McGregor “keok” di ronde ke-4 ini. Berikut ini 12 fakta Khabib Nurmagomedov yang bisa kalian simak.

Berlatih sejak kecil
Sejak usia tiga tahun, Khabib sudah menguasai elemen gulat dasar, dan pada usia lima tahun dia sudah masuk ke ring.

Menguasai banyak olahraga bela diri
Khabib menguasai banyak olahraga bela diri, seperti judo, gulat, dan sambo.

Dilatih ayahnya
Sejak kecil Khabib dilatih bela diri oleh ayahnya, Abdulmanap Nurmagemedov. Ayahnya merupakan seorang veteran tentara yang sangat tergila-gila dengan olahraga bela diri. Dia bahkan menyulap lantai dasar rumahnya sebagai gimnasium untuk melatih anak-anaknya, termasuk Khabib. Selain pelatih, ayahnya juga menjadi manajer Khabib.

Pernah bergulat dengan beruang
Abdulmanap melatih Khabib dengan sangat “berat”. Untuk melatih mental anaknya, waktu usia 9 tahun, Khabib bahkan disuruh bertarung gulat lawan beruang hutan.

Lahir di desa “pegulat”
Khabib lahir pada 20 September 1988 di desa Dagestanian di pegunungan Sildi. Di sini hampir semua prianya adalah pegulat, termasuk keluarga Khabib. Ayahnya Abdulmanap Nurmagomedov adalah seorang master olahraga dalam gulat gaya bebas, saudara ayahnya adalah juara dunia dalam sambo pada tahun 1992, dan paman dari pihak ibunya serta adiknya, Abubakar juga seorang pegulat.

Pegulat Rusia termuda
Pada usia 23, Nurmagomedov dinobatkan sebagai pegulat Rusia termuda dalam sejarah UFC. Dia pun diundang untuk berkarier di Amerika dan dijuluki “Elang”.

Belum terkalahkan
Khabib memulai debut MMA secara profesional pada 2008. Hingga saat ini dia telah bertanding di 27 laga dan belum terkalahkan. Dari 27 kemenangan itu, 8 diperolehnya dengan K.O, 9 dengan pitingan, dan sisanya dengan poin.

Petarung muslim pertama di UFC
Khabib adalah seorang muslim pertama yang bertarung di UFC. Dia merupakan muslim yang taat, Khabib lebih memilih untuk tidak bertarung selama bulan ramadhan. “Bagi saya, berpuasa di bulan Ramadhan lebih penting daripada pertarungan apa pun,” ujar Khabib.

Dekat dengan Cristiano Ronaldo
Khabib punya hubungan baik dengan pesepakbola Cristiano Ronaldo. Dia bahkan pernah menonton langsung pertandingan saat laga Real Madrid vs Real Sociedad di Bernabeu.

Keduanya pun pernah bertemu dan bertukar souvenir. Khabib mendapatkan jersey dengan namanya dan nomor punggung 7, sedangkan Ronaldo mendapatkan rambut palsu dari Khabib.

Pernah cidera parah
Khabib pernah mengalami cidera parah pada lengannya dan membuat pegulat tersebut harus absen dari gulat selama 2 tahun.

Fans Real Madrid
Khabib Nurmagomedov adalah penggemar klub sepak bola Rusia Anzhi Makhachkala dan Real Madrid serta tim sepak bola nasional Rusia. Dalam beberapa kesempatan di akun Instagramnya, Khabib menunjukkan dukungannya pada klub favoritnya itu.

Tertutup soal keluarga
Khabib terbilang sangat tertutup tentang keluarganya, termasuk di media sosial. Kabarnya dia telah menikah pada Juni tahun 2013 lalu dan telah memiliki 2 anak.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA