Reuni Langka Dewa 19 Akhiri Synchronize Fest 2018 dengan ‘Sempurna’

Reuni Langka Dewa 19 Akhiri Synchronize Fest 2018 dengan ‘Sempurna’

Tivan Rahmat | 09 Oct 2018

JAKARTA, GANLOB.COM – Kata-kata sepertinya tidak akan cukup untuk menggambarkan penampilan Dewa 19 bersama dua mantan vokalisnya, Ari Lasso dan Once Mekel, di malam terakhir Synchronize Fest 2018 di Gambir Expo Kemayoran, Minggu malam (07/10).

Tampil sebagai band pamungkas, Dewa 19 versi Ari Lasso terlebih dahulu menyapa para fans, Baladewa, dengan sebuah pernyataan yang membuat para penonton di Dynamic Stage riuh histeris.

“Malam ini teman-teman di Synchronize Fest 2018 akan jadi saksi reuni Dewa 19 yang cukup langka,” buka Ari yang kini lebih memilih untuk bersolo karier.

Bersama band besutan Ahmad Dhani itu, Ari Lasso menyanyikan tujuh lagu hits Dewa 19 di era 1990-an, mulai dari Restu Bumi, Bukan Siti Nurbaya, Kirana, Cinta kan Membawamu, dan Kangen.

Di babak kedua, band bentukan tahun 1986 di Surabaya ini melakukan pergantian vokalis dengan memanggil Once Mekel yang langsung ‘tancap gas’ dengan membawakan lagu romantis Roman Picisan.

“Halo apa kabar semua? Senang banget bisa ketemu teman-teman di Dewa 19 lagi,” tutur solois bersuara tenor itu.

Saat Once manggung, atmosfer keakraban dengan Baladewa terlihat lebih nyata karena sang vokalis kerap berinteraksi. “Apa kabar semua? Sekian lama menunggu, ini adalah saat yang istimewa.”

“Teman-teman yang datang sudah mengikuti Dewa dari masa Ari lasso hingga masih saya di tahun 2000-an, mungkin masih ada yang menjadi dua sejoli saat ini,” sambung Once sembari memberikan kode kepada band pengiring untuk memulai lagu Dua Sejoli dan Risalah Hati.

Tak ingin penonton bosan dengan lagu-lagu romantis nan melankolis, Dewa 19 feat Once Mekel membakar semangat penonton dengan membawakan lagu bertempo cepat: Cemburu dan Arjuna.

Namun saat penonton ‘panas’ dengan atmosfer di area Synchronize Fest 2018, Once Mekel langsung meredakannya dengan Lagu Cinta dan Air Mata. Khusus untuk hits Air Mata, Dewa 19 mendedikasikannya untuk para korban gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Lagu ini untuk saudara-saudara kita semua di Palu, kita kirim simpati kita semua malam ini. Semoga mendapatkan penghiburan dan dipulihkan yang sakit,” sahut Once.

Pada lagu ini pula, Ahmad Dhani yang sedari awal hanya asyik bermain keyboard, maju ke lidah panggung bersama Andra dan Once. Beberapa kali, ia sempat menyanyikan lirik lagu Air Mata sambil mengabadikan momen di sekitarnya dengan merekamnya lewat smartphone.

Malam itu, lagu Air Mata benar-benar bisa membuat sebagian Baladewa menangis, menitikan air mata! Jujur, momen tersebut membuat saya merinding.

Setelah berlangsung lebih dari satu jam, momen langka pun terjadi. Dewa 19 tampil bersama dua vokalis, Ari Lasso dan Once, dalam dua lagu: Kamulah Satu-Satunya dan Separuh Nafas.

Emosi Baladewa benar-benar memuncak pada dua lagu ini. Mereka tak berhenti bernyanyi sembari berjingkrak. Bahkan ada beberapa Baladewa yang digendong di atas pundak rekannya demi melihat sang idola tampil.

Seiring dengan dibawakannya single Separuh Nafas, kembang api yang disiapkan panitia Synchronize Fest 2018 pun membelah langit Kemayoran sebagai penanda berakhirnya festival musik indie terbesar di Indonesia tersebut. Dewa 19 feat Ari Lasso dan Once Mekel pun memungkas malam tersebut dengan sempurna!

Sampai bertemu di Syncronize Fest 2019 tahun depan, Ganlobers!


KOMENTAR
BERITA LAINNYA