iPhone XS dan XS Max ‘Menyerah’ Pada Ponsel Tiongkok

iPhone XS dan XS Max ‘Menyerah’ Pada Ponsel Tiongkok

Tivan Rahmat | 13 Sep 2018

GANLOB.COM – Setelah tampil percaya diri satu dekade lamanya, Apple dipaksa ‘menyerah’ terhadap tren dual SIM yang dipopulerkan produsen ponsel asal Tiongkok. Buktinya, duo iPhone XS dan iPhone XS Max yang resmi diperkenalkan pada hari Kamis (13/09) pada acara bertajuk “Gather Round” sama-sama mengusung fitur kartu SIM ganda.

Seperti bocoran yang sudah ramai diperbincangkan di dunia maya, iPhone XS dan XS Max benar-benar hadir dengan kartu SIM ganda alias Dual SIM yang keduanya aktif dalam waktu bersamaan alias Dual SIM Dual Standby (DSDS).

Bedanya, DSDS terdiri dari satu SIM fisik standar dan satunya lagi berbentuk SIM elektronik atau eSIM. Namun khusus untuk pasar Tiongkok, kedua SIM bisa sama-sama SIM fisik.

Meski dari kartu SIM ‘menyerah’ karena mengikuti tren ponsel Tiongkok, namun tetap saja duo iPhone XS dan XS Max membawa sejumlah fitur menarik lainnya, seperti yang berikut ini.

Tahan Air
Dalam peluncuran tersebut, sebuah video diputar untuk memamerkan kemampuan iPhone XS dan XS Max yang tahan air. Hadir dengan desain elegan karena dibalut stainless steel yang disebut surgical-grade, smartphone terbaru yang hadir dengan pilihan warna emas, silver, dan abu-abu ini sama-sama sudah mengantongi sertifikat IP68 sebagai ‘lisensi’ smartphone tahan air dan debu.

“Artinya pengguna bisa menenggelamkan iPhone XS ke air berkedalaman dua meter selama tiga menit,” ungkap Senior VP Marketing Apple, Philip Schiller.

iPhone XS hadir dalam dua varian ukuran layar, yakni regular dan Max. Keduanya mengusung desain bezel-less seperti iPhone X, hanya saja ukuran layarnya yang lebih lebar. iPhone XS berukuran layar 5,8 inci, sedangkan iPhone XS Max memiliki layar lebih besar dengan ukuran 6,5 inci. Selain itu, kualitas layarnya tergolong premium karena dipersenjatai teknologi Dolby Vision dan HDR10.

 

Dapur Pacu
Apple juga memperbarui spesifikasi iPhone XS dan XS Max yang sudah menggunakan prosesor A12 Bionic. Duo smartphone ini menjadi yang pertama menggunakan chip 7nm dengan 6,9 miliar transistor.

Secara teknis, chipset tersebut memuat 4-core GPU, 6-core CPU, dan Neural Engine. Gilanya lagi, tiap core CPU A12 diklaim sanggup menjalankan program 15 persen lebih cepat ketimbang A11, sementara GPU-nya 50 persen lebih baik.

Selain itu, prosesor A12 Bionic juga turut mengoptimalkan kinerja sistem operasi iOS 12 yang banyak berkutat pada implementasi Augmented Reality (AR), Machine Learning (ML), Memoji, dan penggunaan sang asisten digital, Siri.

Dual Camera, Lengkap dengan Smart HDR
Beranjak menuju kamera, iPhone XS dan XS Max kembali mengusung kamera ganda pada bagian belakang. Kedua kamera sama-sama beresolusi 12 MP, namun dengan fungsi yang berbeda. Satu kamera untuk lensa wide angle dan sisanya untuk telephoto atau zoom.

Tak sampai disitu saja, masing-masing kamera juga dilengkapi stabilizer optikal (OIS) dan lensa 6 elemen dengan bukaan diafragma F/1.8 (wide angle) dan F/2.4 (zoom) yang sanggup memperbesar zoom optikal hingga 2x.

Jangan lupa, Apple juga secara perdana menyematkan fitur Smart HDR pada kamera belakang iPhone XS dan XS Max yang memungkinkan penggunanya untuk membidik empat foto berturut-turut tanpa ada shutter lag sama sekali.

Sedangkan untuk kamera selfie, kamera beresolusi 7 MP dengan F/2.2 dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan swa foto penggunanya. Sensornya juga diklaim lebih cepat karena adanya teknologi Image Signal dan Neural Engine.

Pada kesempatan yang sama, Apple juga memperkenalkan iPhone XR yang tampil lebih sederhana dan tentunya lebih murah. iPhone XR masih memakai layar LCD (di iPhone XS dan XS Max sudah OLED), kamera belakangnya hanya satu (bukan ganda), serta tak ada fitur 3D Touch yang menjadi andalan flagship Apple.

 

Harga iPhone XS, XS Max, dan XR
Dengan spesifikasi yang lebih minimalis, tidak mengherankan jika harga iPhone XR dibanderol lebih murah, yaitu 749 dollar AS (Rp 10,7 jutaan) dan tersedia dalam lima varian warna (hitam, putih, merah, biru coral, dan kuning) dengan tiga pilihan memori 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Pemesanan iPhone XR dimulai per 19 Oktober di beberapa negara dan mulai tersedia pada 26 Oktober 2018.

Sedangkan untuk iPhone XS dan XS Max tersedia tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). Di Negeri Paman Sam, harga iPhone XS dibanderol mulai dari 999 dollar AS (Rp 14,3 jutaan). Adapun untuk harga harga iPhone XS Max berkisar 1.099 dollar AS (Rp 15,8 jutaan).


KOMENTAR
BERITA LAINNYA