Penting, 12 Tips Merawat Sepatu Bola

Penting, 12 Tips Merawat Sepatu Bola

Dian | 11 Jul 2018

GANLOB.COM – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang digilai banyak orang, dan atribut penting yang harus dimiliki para penyuka olahraga ini adalah sepatu bola. Banyak sekali sepatu bola berkualitas yang dijual di pasaran, dengan harga yang terbilang cukup mahal, sepatu bola pun harus butuh perawatan khusus agar tahan lama.

Berikut ini 12 tips merawat sepatu bola yang bisa kalian simak.

Bersihkan segera
Tips pertama perawatan sepatu bola yang baik yaitu rajin atau rutin membersihkannya. Sepatu bola memang rentan dengan kotor karena dipakai di lapangan bola. Jangan menunda untuk membersihkan sepatu setelah dipakai, dengan begitu noda yang ada akan cepat hilang dan tidak menempel. Tapi jika Anda terlalu lama membiarkan sepatu bola kotor maka noda yang ada pada sepatu akan membuatnya sulit dibersihkan.

Bersihkan dengan sikat lembut
Bersihkan kotoran pada sepatu dengan menggunakan sikat yang lembut agar bahan sepatu tidak rusak. Kalian bisa menggunakan sikat gigi atau sikat khusus sepatu. Sikatlah sepatu secara searah agar mengurangi gesekan di bagian kulit sepatu. Sebaiknya lepaskan dulu tali sepatu sebelum dibersihkan.

Gunakan sabun bayi atau shampo
Cucilah sepatu dengan menggunakan sabun bayi, cairan pencuci piring atau sabun khusus sepatu yang aman dan lembut, jangan menggunakan deterjen atau sabun biasa karena dapat merusak bahan pada sepatu.

Larutkan sabun ke dalam air hangat lalu mencelupkan kain bersih. Usapkan lap basah ini secara perlahan dan merata ke semua bagian sepatu hingga semua kotoran mulai luntur. Air yang digunakan sebaiknya air yang hangat.

Jangan direndam
Jangan pernah merendam sepatu bola, sebaiknya cuci atau bersihkan kotoran yang melekat di sepatu tanpa diremdam terlebih dahulu. Karena jika direndam di dalam air, akan membuat bahan sepatu gampang terkelupas.

Jangan menggunakan mesin cuci
Jangan mencuci sepatu menggunakan mesin cuci, karena bisa membuat sepatu bola kalian “hancur”.

Hindari sinar matahari langsung
Sebaiknya jemur sepatu bola kalian di tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung, karena dapat membuat sepatu mudah rusak. Cukup angin-anginkan di tempat yang sejuk atau keringkan dengan menggunakan lap.

Gunakan kaos kaki
Setiap memakai sepatu bola, gunakanlah selalu kaos kaki, hal ini untuk menghindari agar sepatu kalian tidak berbau dan berjamur, sehingga sepatu tidak cepat rusak.

Simpanlah dengan benar
Jika tidak dipakai simpanlah sepatu kalian dengan benar. Bersihkan terlebih dahulu, keringkan lalu masukkan di dalam kotaknya dan simpan di tempat yang sejuk, namun cukup cahaya matahari.

Gunakan poles sepatu
Setelah sepatu sudah kering, untuk menjaga warna kulit sepatu gunakanlah poles sepatu yang sesuai dengan warna kulit sepatu.

Punya cadangan
Jika kalian termasuk orang yang rutin bermain bola, sebaiknya punya beberapa sepatu bola lainnya, agar bisa dipakai secara bergantian. Mengurangi frekuensi penggunaan terhadap sepatu sehingga dapat memperpanjang umur sepatu.

Belilah sepatu bola yang original
Sepatu bola yang original memang harganya lumayan mahal, namun kualitasnya juga bagus dan tahan lama. Jangan membeli sepatu bola KW yang harganya murah, namun cuma bisa dipakai beberapa kali.

Jangan meminjam atau meminjamkan sepatu bola
Usahakan untuk tidak meminjam atau meminjamkan sepatu bola kalian pada orang lain, karena kita tidak tahu tingkat kebersihan seseorang.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA