Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng

Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng

Dian | 07 Jul 2018

GANLOB.COM – Dieng, merupakan sebuah kota yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah yang dipercaya sebagai tempat bersinggahnya para Dewa. Kepercayaan tersebut terlihat dari nama kota ini, Dieng, yang terdiri dari Di- yaitu termin yang menunjukkan sebuah tempat atau preposisi, lalu ada kata -Hyang yang berarti Dewa, jadi bila disatukan akan menjadi sebuah tanah di mana temapt para Dewa bermukim.

Letak geografis Dieng yang dikelilingi oleh pegunungan membuat udara di Dieng sangatlah dingin. Bahkan di musim panas, suhu udara di Dieng dapat mencapai 10 derajat celcius. Dieng menjadi destinasi yang sangat tepat bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman baru dalam berlibur di Jawa Tengah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian simak jika ingin berwisata ke Dataran Tinggi Dieng.

Perlengkapan untuk Menghangatkan Tubuh
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, suhu saat musim kemarau di Dieng dapat mencapai 10 derajat celcius, maka baju hangat merupakan hal wajib yang perlu Anda bawa saat mengunjungi Dieng. Jangan lupa juga perlengkapan pendukung lainnya seperti sarung tangan, kaus kaki, topi rajut dan bahkan penutup telinga. Bawalah juga pelembab karena udara dingin Dieng dapat membuat kulit Anda menjadi kering bahkan mengelupas.

Transportasi
Untuk menuju Dieng, Anda hanya bisa memilih jalur darat dengan cari tiket bus dengan tujuan terminal Wonosobo. Setelah sampai di terminal Wonosobo, Anda masih harus menggunakan kendaraan shuttle seperti angkot untuk menuju Dieng. Meskipun jarak tempuh perjalanan menuju Wonosobo terbilang jauh, namun pemandangan alam di sekitar Anda tidak akan pernah membosankan. Sangat disarankan untuk membuka jendela di dalam bus Anda agar dapat menikmati sejuknya udara Wonosobo.

Penginapan
Di Dieng, penginapan yang tersedia mayoritas adalah homestay. Untuk mencari homestay, Anda bisa melakukannya on the spot. Jika Anda pergi ke Dieng membawa romobongan cukup banyak, sangat disarankan untuk menyewa rumah sehingga dapat memuat banyak, dan rumah tersebut juga  dapat Anda tawar harganya. Harga penginapan di Dieng pada umumnya masyarakat mematok harga sekitar Rp 100.000-250.000 per malam untuk sewa homestay, sedangkan untuk rumah, mereka biasanya mematok harga 600.000-800.000 per malam.

Wisata Kuliner
Agar budget makan Anda tidak menguras seluruh isi dompet Anda, carilah tempat makan kaki lima atau warteg yang biasa menjadi tempat persinggahan bersantap para backpacker. Di Dieng banyak sekali spot makan yang harganya sangat murah, bahkan sajian khas Dieng seperti Mie Ongklok pun hanya dipatok dengan harga Rp 10.000. Selain itu, karena mayoritas penduduk Dieng berkebun kentang, Anda wajib untuk mencicipi kentang goreng khas Dieng yang masih sangat fresh saat digoreng.

Bawa Uang Tunai Secukupnya
Anda harus memikirkan kebutuhan Anda betul-betul ketika sudah sampai di Dieng, jangan sampai Anda kurang membawa uang karena Anda akan kesulitan untuk mencari mesin ATM di kota ini. Pikirkan baik-baik pengeluaran yang harus Anda gunakan saat di Dieng seperti biaya masuk tempat wisata, penyewaan homestay, biaya makan, dan kebutuhan tak terduga ketika sedang berplesiran ke spot-spot wisata di sana.

Buat Jadwal Versi Terbaik Anda
Setelah semuanya siap, Anda harus membuat jadwal atau iteranary versi Anda sendiri yang telah Anda sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda untuk berpergian ke Dieng. Dengan membuat jadwal seperti ini, Anda dapat memperkirakan pengeluaran biaya yang harus Anda keluarkan sehingga tidak kekurangan uang saat Anda sudah sampai di Dieng.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA