13 Cara Jitu Mengatasi Rasa Ngantuk di Siang Hari @india.com

13 Cara Jitu Mengatasi Rasa Ngantuk di Siang Hari

Dian | 05 Jul 2018

GANLOB.COM – Mengantuk merupakan hal manusiawi yang pasti dirasakan oleh setiap orang. Biasanya rasa ngantuk akan muncul disaat seseorang kurang tidur, kecapekan, atau bisa juga efek mengonsumsi obat tertentu.

Piala Dunia 2018 menjadi alasan banyak orang mengantuk di siang hari saat ini. Perbedaan waktu antara Indonesia dan Rusia yang cukup signifikan membuat para penggila bola harus rela bergadang demi melihat pertandingan.

Berikut ini beberapa tips jitu cara mengatasi rasa ngantuk di siang hari setelah menonton Piala Dunia 2018 yang bisa simak dan terapkan.

Perbanyak minum air putih
Mengantuk adalah suatu kondisi yang menandakan tubuh kita kekurangan oksigen. Cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih, sebab di dalam air putih terkandung oksigen. Dengan demikian, asupan oksigen pun akan tercukupi dan kalian bisa kembali berkonstrasi.

Berolahraga ringan
Untuk mengatasi rasa ngantuk di siang hari saat berada di kantor, kalian bisa melakukan olahraga ringan, seperti naik turun tangga, push up, lompat-lompat, dan sebagainya.

Cuci muka
Cucilah muka dengan menggunakan air dingin, dijamin bisa membuat kalian segar dan rasa ngantuk pun hilang.

Berjalan-jalan
Berjalan-jalanlah sebentar di taman atau mal sekitar kantor, kalian juga bisa mengunjungi teman di divisi atau ruangan lain.

Mengobrol
Ajaklah teman kalian ngobrol atau bercanda, dengan begitu rasa ngantuk kalian akan sedikit teralihkan.

Ngemil
Ngemil ternyata juga berpotensi dalam menghilangkan ngantuk, karena ketika anda ngemil tubuh melakukan aktivitas. Sehingga rasa ngantuk bisa terlupakan. Pilih cemilan yang rendah kalori dan tidak terlalu manis.

Duduk tegak
Cobalah untuk duduk tegak dan tidak membungkung. Selain itu, sesekali ubalah posisi duduk anda, misalnya dengan memiringkan kaki. Cara ini cukup solutif dalam melawan rasa ngantuk ringan.

Sarapan pagi
Sarapan pagi mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya mencegah munculnya rasa ngantuk di siang hari. Dengan rutin melakukan sarapan pagi, asupan energi tubuh akan terkecukupi sehingga tubuh juga terasa segar.

Minum kopi
Kopi sangat manjur dalam menghilangkan rasa ngantuk. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang terdapat didalam kopi. Jika kalian merasakan ngantuk berat, cobalah mengonsumsi kopi.

Mendengarkan musik
Mendengar musik bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghilangkan ngantuk. Pilihlah musik yang membuat semangat kembali. Selain dapat membangkitkan semangat, musik juga dapat menenangkan pikiran.

Menarik Napas
Ngantuk saat bekerja kerap ditandai dengan seringnya Anda menguap. Sedangkan menurut beberapa penelitian, menguap adalah tanda bahwa otak tidak memperoleh oksigen yang cukup. Untuk menghilangkan kantuk, Anda bisa mencoba menarik napas dalam-dalam. Selama 5 detik, tahanlah dan selama 5 detik lalu hembuskan. Lakukan beberapa kali sampai tidak ngantuk lagi dan mata menjadi segar.

Mandi di pagi hari
Untuk membuat tubuh segar dan tidak mengantuk, cobalah untuk membiasakan diri mandi di pagi hari dengan menggunakan air dingin.

Tidur Siang
Bila cara di atas tidak mempan, maka tak ada pilihan lain selain tidur siang selama 10-20 menit di tempat kerja. Istirahatlah saat jam istirahat, cari tempat yang “aman” dan nyaman.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA