20 Fakta Tentang Rusia, Tuan Rumah Piala Dunia 2018

20 Fakta Tentang Rusia, Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Dian | 14 May 2018

GANLOB.COM – Rusia akan menjadi tuan rumah ajang Piala Dunia 2018 yang bakal diselenggarakan pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang. Rusia merupakan salah satu negara di dunia yang punya banyak sekali keunikan. Berikut Ganlob.com rangkum 20 fakta menarik tentang Rusia yang bisa kalian simak.

Punya rel kereta api terpanjang di dunia
Rel kereta api Trans Siberia yang berada di Rusia merupakan yang terpanjang di seluruh dunia. Rel ini memiliki panjang 9200 kilometer dan terbentang mulai dari kota Moskow hingga ke kota Vladivostok dengan waktu tempuh dari awal hingga akhir perjalanan mencapai 152 jam dan 27 menit.

Jumlah wanita jauh lebih banyak dari pria
Ketidakseimbangan jumlah antara laki-laki dengan perempuan di negara Rusia diyakini karena efek dari peperangan yang terjadi pada Perang Dunia II silam. Tak tanggung-tanggung, selisih perbandinganya mencapai 10 juta jiwa.

Negara dengan daratan terbesar di dunia
Rusia merupakan negara dengan daratan paling luas di dunia. Luas daratan Rusia bahkan hampir mencapai dua kali lipat dari luas daratan negara Amerika Serikat.

Dikelilingi 12 lautan
Rusia adalah satu-satunya negara di dunia yang teritorialnya dikelilingi 12 lautan.

Penghasil minyak terbesar kedua di dunia
Rusia adalah negara penghasil minyak mentah paling besar kedua di dunia setelah Arab Saudi.

Moscow kota berbesar di Eropa
Moscow adalah kota terbesar di Eropa. Jumlah penduduknya 10,5 juta. Data statistik menyebutkan bahwa penduduk Moscow diperkirakan menjadi 16 juta pada tahun 2020.

Terdiri dari puluhan etnis
Selain etnis Rusia, di sini juga terdapat puluhan etnis lain, diantara adalah etnis Ukraina, etnis Tatar, etnis Baskhir, Etnis Chechen dan etnis Armenia.

Memiliki gunung tertinggi di Eropa
Rusia memiliki gunung Elbrus yang disebut-sebut merupakan gunung paling tinggi di daratan Eropa. Gunung bersalju yang memiliki tinggi hingga 5600 meter ini biasa digunakan untuk aktifitas olahraga seperti ski dan snowboarding.

Memiliki danau terdalam di dunia
Danau Baikal yang terletak di Siberia tepatnya di dekat perbatasan antara Rusia dan Mongolia memiliki kedalaman mencapai 1500 meter, dan merupakan danau paling dalam di dunia.

Dua kota terdingin di dunia
Verkhoyansk dan Oymyakon adalah 2 kota di Rusia yang memiliki suhu terdingin di dunia. Verkhoyansk terletak di Lingkaran Artik, dihuni oleh kurang lebih 1.300 orang yang sebagian besar bekerja sebagai pemburu. Suhu terendah di kota ini adalah -69 derajat Celcius.

Sedangkan rekor terdingin yang pernah dicapai Oymyakon adalah -67,8 Celcius atau -90 Fahrenheit.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA