Alasan Hajime Isayama Membuat Manga Attack on Titan

Alasan Hajime Isayama Membuat Manga Attack on Titan

Tivan Rahmat | 11 May 2018

GANLOB.COM – Sudah bukan rahasia lagi jika Shingeki no Kyojin alias Attack on Titan menjadi salah satu manga terpopuler saat ini. Tapi, apakah Ganlobers tahu mengenai ide awal pembuatannya?

Kepada NHK TV, Hajime Isayama selaku mangaka Attack on Titan menceritakan bahwa karya yang dibuatnya justru terinspirasi oleh kampung halamannya sendiri. Isayama terlahir di kota pinggiran kota Hita, perfektur Oita.

Secara geografis, tanah kelahirang sang mangaka berada di wilayah pedesaan yang dikelilingi oleh pegunungan tinggi, sehingga dirinya merasa bahwa kota yang ditinggalinya seolah-olah terasing dari peradaban luar. Di saat itulah imajinasi liar Isayama timbul dengan membayangkan kehadiran monster raksasa yang bersemayam di balik gunung-gunung tersebut.

Hajime Isayama

Lebih lanjut lagi, Isayama pada mulanya merasa ‘aman’ ketika ia tinggal dibalik pegunungan tersebut. Namun sama seperti Eren, Mikasa, dan Armin (tokoh utama Attack on Titan), ia merasa bahwa ia harus pergi meninggalkan zona amannya ketika ia sudah beranjak dewasa.

Ia mengungkapkan bahwa rasa tersebut muncul bukan karena mengejar suatu ambisi, namun karena rasa frustasi yang muncul dalam dirinya. Nah, perasaan frustasi tersebut kemudian ia tuangkan pada manga Attack on Titan.

Hajime Isayama 1

Titan yang muncul dalam anime dan manga Attack on Titan menggambarkan hal-hal yang dapat menimbulkan rasa frustasi. Misal Titan yang diperlihatkan sebagai pembuat kehancuran membuat manusia menjadi marah dan bingung, dan berbagai lainnya. Isayama juga mengungkapkan bahwa mereka mewakili tantangan yang tak dapat dihadapi oleh manusia.

Wah Ganlobers, ternyata sebuah karya yang besar bisa terlahir dari hal sederhana. Proud of you, Isayama!


KOMENTAR
BERITA LAINNYA