10 Pesepakbola yang Diabadikan Sebagai Nama Stadion Ernst Happel Stadion

10 Pesepakbola yang Diabadikan Sebagai Nama Stadion

Tivan Rahmat | 05 May 2018

GANLOB.COM – Meski belakangan ini nama stadion lebih banyak menggunakan nama perusahaan atau sponsor, namun bukan berarti sebuah klub sepakbola melupakan sejarah, filosofi, dan nilainya tersendiri.

Bahkan, beberapa klub sepakbola sangat menghargai jasa-jasa para pemain yang berkontribusi besar untuk tim. Saking besarnya pengaruh pemain tersebut, klub pun tidak keberatan untuk menjadikan nama mereka sebagai nama resmi stadion sepakbola. Sepuluh diantaranya bisa Ganlobers lihat di bawah ini.

Ernst Happel
Sebelum diubah menjadi Ernst Happel, stadion ini bernama Prater Stadion. Stadion terbesar di Austria ini juga menyimpan sejarah penting karena menjadi saksi bisu Perang Dunia. Bahkan, stadion ini sempat rusak berat akibat bom Sekutu.

Namun pada 1992, pemerintah Austria lantas menggantinya dengan nama Ernst Happel Stadion untuk menghargai sang legenda yang berpulang di tahun tersebut. Selama merumput sebagai pemain, Happel berhasil membawa The Das Team ke peringkat 3 Piala Dunia 1954.

Sedangkan sebagai seorang pelatih, mantan pemain SK Rapid Wina ini sukses mengantarkan Feyenoord sebagai kampiun di Piala Champions 1970, plus dua gelar yang sama untuk Hamburg SV pada tahun 1982-1983.

Stadion Ernst Happel sendiri memiliki berkapasitas 53.008 kursi dan dipakai untuk pertandingan Piala Eropa 2008 yaitu tiga grup, dua perempat final, satu semifinal, dan final. Selain itu, stadion ini juga berhasil mendapatkan bintang lima dari UEFA karena kualitas dan layanan stadion yang ciamik.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA