Ungkap Mitos Horor Bersama Komunitas Fotografi Hantu Indonesia

Ungkap Mitos Horor Bersama Komunitas Fotografi Hantu Indonesia

Tivan Rahmat | 03 May 2018

TANGERANG SELATAN, GANLOB.COM – Meski zaman sudah modern, namun sebagian masyarakat di Indonesia masih mempercayai mitos dan hal-hal berbau mistis lainnya. Padahal, mitos urban tersebut belum tentu kebenarannya.

Menanggapi hal tersebut, sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Komunitas Fotografi Hantu Indonesia mencoba untuk ‘meluruskan’ kebiasaan masyarakat Indonesia itu dengan cara yang lebih ilmiah, yaitu lewat bidikan kamera.

“Kita sebenarnya komunitas fotografi dengan obyek yang tidak kasat mata. Jadi, kita ada untuk membuktikan benar atau tidaknya mitos-mitos horor yang berada di masyarakat,” ujar Yovicha Santya Risky selaku admin Komunitas Fotografi Hantu Indonesia saat dijumpai Ganlob.com dalam sebuah acara di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, belum lama ini.

“Awalnya berasal dari Kaskus. Mulanya dari sekumpulan mahasiswa yang tertarik untuk menguak mitos dengan kamera. Kita biasanya pakai kamera DSLR,” sambungnya.

Untuk menguji kebenaran mitos horor yang beredar di sekitar masyarakat, komunitas yang berdiri pada 2017 lalu ini kerap melakukan pengambilan foto pada malam hari di lokasi-lokasi yang dianggap angker oleh kebanyakan orang.

“Kita tidak hanya hunting (foto) di tempat seram atau angker saja, tapi juga berbekal dari mitos yang ada. Enggak sembarangan nyari tempat,” tutur wanita yang akrab disapa Vicha ini.

Setelah lebih dari satu tahun bergabung dengan komunitas unik ini, Vicha lantas memiliki kesimpulan tersendiri perihal pandangan masyarakat terhadap dunia mistis.

“Sebenarnya rasa takut terhadap hantu atau makhluk-makhluk astral lainnya berasal dari pemikiran sendiri. Nah, karena itu kita juga memiliki misi untuk mengubah dan meluruskan paradigma masyarakat yang kerap menjadikan mitos sebagai sebuah kepercayaan. Padahal, mitos tersebut belum terbukti kebenarannya,” tandas wanita berambut panjang itu.

Sekadar informasi, setiap hasil foto yang diambil Komunitas Fotografi Hantu Indonesia selalu diunggah via Kaskus. Hasilnya, unggahan tersebut hampir selalu menjadi hot thread di forum dunia maya terbesar di Nusantara tersebut.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA