Punya Jutaan Pengikut, YouTuber Atta Halilintar Ternyata Plagiat! Sumber Foto: Facebook / Atta Halilintar

Punya Jutaan Pengikut, YouTuber Atta Halilintar Ternyata Plagiat!

Tivan Rahmat | 17 Apr 2018

JAKARTA, GANLOB.COM – Saat ini, menjadi seorang YouTuber tergolong profesi yang cukup menjanjikan. Berbeda dengan perusahaan yang terbilang ribet karena harus menaati berbagai regulasi dan ongkos produksi yang sangat besar, seorang YouTuber bisa mengelolanya secara personal dan dengan regulasi yang lebih minim.

Atta Halililntar contohnya. Ia merupakan salah satu YouTuber Indonesia dengan jumlah subscribers paling banyak, yaitu melebihi angka 2 juta. Dengan pengikut sebesar itu, putra sulung keluarga Gen Halilintar ini tentu saja mudah mendapatkan pendapatan, baik dari monetisasi YouTube, hingga pemasukkan dari perusahaan yang meminta jasanya untuk mempromosikan sebuah produk.

Namun dibalik kepopuleran seorang Atta Halilintar, sepertinya sang YouTuber melupakan etika dalam membuat konten digital, lebih tepatnya mengenai hak cipta. Belum lama ini, ia tertangkap basah ‘mencomot’ potongan video unboxing Advan A8 milik YouTuber lainnya, Putu Reza alias Papersboy.

Screenshot atta halilintar plagiat

Dalam akun YouTube Putu Reza, unboxing Advan A8 tercatat diunggah per tanggal 18 November 2017, sementara Atta

Screenshot video unboxing Advan A8 Putu Reza (kiri) dan Atta Halilintar (kanan)

Screenshot video unboxing Advan A8 Putu Reza (kiri) dan Atta Halilintar (kanan)

Halilintar memasukkan potongan unboxing tersebut dengan tanggal unggahan pada 22 Februari 2018 dengan tanpa menyertakan sumber potongan video tersebut.

Mengetahui karyanya dijiplak, Putu Reza menanti permintaan maaf dari sang YouTuber kontroversial.

“Ditungguin 1×24 jam, ga ada respon. Pagi ini tiba-tiba videonya hilang dan ga ada kata maaf sama sekali. Yaudahlah ya, ketaker banget kelasnya segitu doang,” cuit akun instagram @PapersBoy.

Sumber Foto: instagram / papersboy

Sumber Foto: instagram / papersboy

Sayangnya ketika kabar Atta Halilintar plagiat mulai menjadi viral di media sosial, sang pemilik akun dengan mudahnya menghapus video tersebut, sekaligus belum memberikan komentar resmi terkait kontroversi video unboxing Advan A8 yang sempat ia unggah.

Bahkan, pengamat gadget Herry SW sempat menyinggung kontroversi ini lewat akun twitternya.

Screenshot HSW

“Barusan tahu kalo ada ‘petir’ yang tanpa izin mencomot videonya bro @PapersBoy. Semoga cepat direspon dan beres.”

Beruntung, netizen berhasil mengabadikan jejak digital ‘pelanggaran’ tersebut lewat sebuah screenshot. Nah Ganlobers, sepertinya regulasi mengenai hak cipta digital perlu diperketat lagi ya.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA