Bernostalgia dengan Auburn Speedster 851

Bernostalgia dengan Auburn Speedster 851

Tivan Rahmat | 15 Apr 2018

GANLOB.COM – Memiliki mobil yang sanggup menempuh jarak ratusan mil per jam bukanlah perkara yang mudah untuk disiasati. Setidaknya, itulah yang terjadi pada tahun 1930 ke belakang.

Beruntung, tahun 1935 menjadi titik balik kemajuan industri mobil seiring munculnya Auburn Speedster 851. Pada tahun tersebut, mobil legendaris ini dengan bangga memproklamirkan diri sebagai satu-satunya roda empat yang sanggup dipacu hingga kecepatan 100 mil per jam.

Kini setelah lebih dari delapan dekade lamanya, Auburn Speedster 851 kembali ‘dihidupkan’ oleh tangan dingin Gordon Buehrig. Ia mendesain ulang bodi mobil agar mobil klasik tersebut masih bisa dikendarai walau dalam keadaan ban kempes sekalipun.

Untuk dapur pacu, Auburn Speedster 851 dijejali mesin 280 cc straight eight Lyncoming yang dipadukan dengan Schwitzer-Cumming centrifugal supercharged. Kombinasi mesin tersebut lantas menghasilkan tenaga maksimal hingga 150bhp.

Soal interior, jok mobil dibiarkan konvensional sehingga terlihat seperti jok di tahun 1920-an. Posisi kemudi juga disesuaikan agar lebih nyaman. Contohnya, kehadiran Three speed gearbox buatan Columbia berhasil mengubah mode dual-ratio rear axle menjadi six gear ratio.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA