Berlibur “Tenang” di Kepulauan Togean

Berlibur “Tenang” di Kepulauan Togean

Dian | 13 Apr 2018

GANLOB.COM – Ganlobers menyukai tempat liburan tenang yang menyajikan pemandangan pantai yang keren dan keindahan bawah laut? Silahkan datang ke kepulauan Togean yang treletak di kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, tepatnya di Teluk Tomini.

Kepulauan Togean sebenarnya merupakan taman nasional dengan area 292 ribu hektar lautan dan 70 ribu hektar daratan. Meliputi 6 pulau besar serta 60 pulau yang lebih kecil yang tersebar di sepanjang jarak 90 kilometer.

Togean bisa diakses melalui jalur udara dan laut. Dari Jakarta banyak maskapai yang menyediakan rute Cengkareng-Gorontalo namun transit terlebih dahulu di Ujung Pandang. Beberapa maskapai melayani rute ini namun tentu saja, cari tiket pesawat murah menuju ke pulau Togean untuk menghemat bujet.

Menggunakan maskapai murah, kalian akan transit dahulu selama 45 menit di Makassar lalu melanjutkan lagi penerbangan satu jam ke Poso lalu melanjutkan perjalanan untuk sampai ke Kota Ampana selama 3 jam dan naik speed boat selama 1 jam untuk sampai ke resort.

Kepulauan Togean

Di tempat ini kalian bisa melakukan berbagai kegiatan seru, salah satunya snorkeling. Destinasi pertama di kawasan Kadidiri tidak begitu jauh, sekitar 15 menit dari resort  terdapat spot snorkeling yang begitu indah. Lalu Anda bisa berpergian ke California Atoll Reef, di sana terdapat satu karang besar luasnya bisa mencapai 50 meter dan menjadi habitat bagi banyak ikan warna-warni.

Kamu juga bisa mengunjungi Pantai Karina yang menawarkan senja pantai yang syahdu, laut landai dan tenang, juga aman untuk berenang atau ke Danau Morina yang merupakan danau air asin yang menawarkan pemandangan ubur-ubur dan berenang di air dingin dan air hangat dalam waktu yang bersamaan.

Kamu pun bisa melihat keindahan kampung Suku Bajo di Togean dengan air laut yang begitu jernih dan pemandangan di jembatan yang menghubungkan Pulau Papan dengan pulau di sampingnya. Jembatan yang panjang, gradasi air laut dan awan yang begitu indah menjadi satu kombinasi yang benar-benar cantik.

Satu hal yang tidak akan terlupakan dari Togean adalah kepulauan yang menerapkan eco tourism. Resort tempat menginap tidak menyediakan air dan listrik selama 24 jam terus-menerus sehingga sudah ada pengungumanpada pukul berapa air menyala dan saat jam 11 malam listrik satu pulau akan mati secara total.

Hal ini disebabkan karena listrik di penginapan bersumber pada mesin diesel yang bahan bakarnya diangkut dari Pulau Wakai. Sinyal handphone sulit didapat sehingga Anda bisa benar-benar menikmati pemandangan dan bisa lebih menghargai lingkungan dengan tidak boros menggunakan air dan tetap menjaga kebersihan.

Kepulauan Togean

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA