Kimera, Mahakarya Harley-Davidson Kustom Racikan South Garage

Kimera, Mahakarya Harley-Davidson Kustom Racikan South Garage

Tivan Rahmat | 02 Apr 2018

GANLOB.COM – Harley-Davidson menjadi obyek favorit para seniman motor untuk mengolah kreativitas mereka dalam meracik sebuah motor kustom baru. Hal ini pula yang ditunjukkan oleh South Garage Motor Company.

Beberapa waktu lalu, rumah modifikasi asal Italia ini memperkenalkan Kimera, Harley-Davidson kustom yang terlihat akrab dengan sentuhan café racer. Berbasis Harley Davidson 1200 Sportster, mereka berhasil melakukan transformasi bentuk HD Sportster keluaran tahun 2006 yang sejatinya merupakan sebuah cruiser menjadi café racer.

Kimera Harley-Davidson Kustom 4

Secara keseluruhan, South Garage sepertinya tidak ingin mengubah ciri khas konstruksi sasis bawaan HD Sportster yang tinggi di bagian poros depan dan merendah ke belakang, sehingga fokus modifikasi pun berpusat pada setup kaki-kaki. Hal ini bisa dilihat dari seluruh suspensi depan dan belakang menggunakan produk Öhlins.

Pada bagian depan Harley-Davidson kustom tersebut, garpu Öhlins berwarna gold anodize dengan dudukan segitiga dan top clamp dari bahan alloy yang dibuat secara kustom menggunakan mesin CNC. Selanjutnya, bengkel motor kustom dari kota Milan ini memadukannya dengan clubman style handlebar dan Bitwell handgrips.

Kimera Harley-Davidson Kustom 9

Perombakkan juga terjadi pada tampilan speedometer yang kini menggunakan MotoGadget Chrono Classic, plus penggantian lampu depan berdiameter 5 inci buatan Lucas. Sementara untuk bagian belakang, sepasang shockbreaker Öhlins adjustable terpasang pada alloy swingarm yang juga dibuat secara kustom. Kombinasi suspensi dan desain swingarm tersebut mengakibatkan bagian buritan menjadi lebih tinggi.

Selesai mengerjakan bagian depan dan belakang, kustomisasi juga bisa dilihat dari bagian tangki bensin dan buntut motor yang dibuat ulang secara handmade berbahan aluminium. Lubang pengisian bahan bakar dirancang asimetrikal dengan Monza style fuel cap yang memberikan kesan klasik.

Kimera Harley-Davidson Kustom 5

Bentuk tangki bensin yang lebih ramping dibuat mengikuti lekuk mesin V-Twin untuk mengoptimalkan kapasitasnya. Buntut belakang dengan desain khas café racer dilengkapi dengan sebuah lampu dan tonjolan yang sama seperti pada punuk tangki. Sebagai ciri khas, roda depan yang ukurannya diperkecil terlihat semakin ringkas dengan chopped fender yang juga terbuat dari aluminium.

Handling motor juga semakin lincah seiring peningkatan performa mesin melalui custom fuel map, penggunaan K&N free flow air filter, dan pemasangan full titanium 2-1 exhaust system berdesain raw yang membentuk karakter Kimera sebagai ‘motor jalanan’. Sementara Brembo brake package diaplikasikan pada roda depan dan belakang untuk menghasilkan daya pengereman yang lebih baik.

Semua itu disempurnakan dengan pengecatan warna Oxblood red yang dikombinasikan dengan dan gold pinstriping yang menyatukan seluruh elemen pada Kimera secara indah. Mantap!


KOMENTAR
BERITA LAINNYA