Kamu Harus Tahu, Inilah Lima Mitos Seputar Olahraga @Men's Fitness

Kamu Harus Tahu, Inilah Lima Mitos Seputar Olahraga

Dian | 23 Mar 2018

GANLOB.COM – Olahraga rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Banyak sekali olahraga yang bisa kalian pilih, namun perlu diperhatikan juga ada beberapa mitos seputar olahraga yang ternyata selama ini tidaklah tepat.

Seperti lima mitos berikut ini.

Lari atau bersepeda membuat betis besar
Penambahan ukuran betis sebetulnya tergantung pada anatomi tubuh. Jika kamu memiliki keturunan betis yang besar, olahraga apapun tetap akan membuat betis kamu menjadi tampak besar, begitu juga sebaliknya.

Sit-up menghilangkan lemak di perut
Pada lapisan perut terdapat lapisan otot dan usus. Pengaruh langsung dari sit up adalah membentuk otot menjadi lebih kuat. Agar lemak di perut terbakar, selain melakukan sit-up, kamu juga tetap harus melakukan latihan kardiovaskular dan weight training.

Angkat beban mengubah lemak menjadi otot
Lemak maupun otot terbuat dari jaringan yang berbeda. Saat kamu olahraga, tujuan utama seharusnya membakar lemak baru membentuk otot. Dengan membakar lemak, maka otot pun akan lebih menonjol.

Kurang berkeringat berarti olahraga belum maksimal
Berkeringat tidak selalu menjadi indikator maksimal tidaknya olahraga kalian. Keringat merupakan cara tubuh untuk mendinginkan diri. Jadi mungkin saja seseorang tidak terlalu banyak berkeringat meski kalori yang terbakar sudah banyak.

Tubuh justru bisa dehidrasi dan lemas jika mengeluarkan terlalu banyak cairan, karena itulah untuk kalian yang sangat berkeringat saat olahraga sangat dianjurkan untuk banyak minum air putih.

Pemanasan mencegah cidera
Pemanasan statis justru bisa membuat olahraga kurang efektif. Menurut Scandinavian Journal of Medicine & Science, pemanasan sebelum berolahraga itu penting namun harus pemanasan yang benar. Sebaiknya lakukan pemanasan dinamis, berupa gerakan yang bisa membuat otot lebih lentur sehingga akan lebih efektif ketika mulai berolahraga.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA