Disayangkan, VW Kodok Berhenti Diproduksi

Disayangkan, VW Kodok Berhenti Diproduksi

Tivan Rahmat | 14 Mar 2018

GANLOB.COM – Kabar kurang menyenangkan datang dari Volkswagen yang memutuskan untuk mematikan produksi seri city car legendaris mereka, Beetle alias VW Kodok.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Franck Welsch selaku Kepala Penelitian dan Pengembangan VW di ajang Geneva Motor Show 2018 lalu. Ia mengatakan kepada Forbes bahwa mobil vintage tersebut sudah memasuki usia senjanya dan segera digantikan dengan model baru yang tetap mengusung tema retro, namun dengan teknologi terkini.

Franck juga berjanji bahwa dalam 10 tahun ke depan, pihaknya akan mengembangkan 30 mobil konsep sebagai pengganti VW Beetle. Rencananya, tahun 2020 mendatang mereka akan meresmikan mobil tersebut.

Sekadar pengingat, sejak pertama kali diproduksi pada 1938, VW kodok menjelma menjadi salah satu mobil ikonik yang pernah dibuat Volkswagen. Puncaknya terjadi pada periode 1960 hingga 1970-an.

Mulanya, ide pembuatan VW Beetle keluar dari pimpinan Nazi, Adolf Hitler, yang menginginkan warganya agar bisa memiliki kendaraan murah yang menampung keluarga dengan rincian dua orang di depan, dan tiga orang anak-anak di bagian belakang mobil.

Untuk merealisasikan keinginan Hitler, Nazi kemudian meminta insiyur Ferdinand Porsche (yang kemudian menjadi founder mobil Porsche) untuk membuat mobil dengan mesin yang berada di bagian belakang.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA