Harley-Davidson Street Rod 750 Jadi Pelahap Salju

Harley-Davidson Street Rod 750 Jadi Pelahap Salju

Tivan Rahmat | 03 Feb 2018

GANLOB.COM – Harley-Davidson Street Rod 750 sejatinya merupakan motor bergaya cruiser. Namun, perusahaan motor yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat itu ingin keluar dari zona nyamannya dengan menjadikan moge tersebut sebagai kuda besi yang sanggup melahap medan bersalju.

Scoot Beck, Direktur Pemasaran Harley-Davidson mengungkapkan bahwa dobrakkan terbarunya ini merupakan bentuk visualisasi visi perusahaannya yang mengusung kebebasan bereksperimen.

“Sudah 115 tahun pengguna H-D mengekspresikan kebebasan mereka di jok motornya, kini saatnya keluar dari jalanan dan masuk di medan bersalju. Kami bisa balapan di atas es dan mendaki bukit salju, ini cara lain kami merangsang olahraga bermotor,” ujarnya kepada Ride a Part.

Untuk masalah modifikasi, Harley Davidson menyerahkannya pada builder Suicide Machine, Aaron Guardado. Ia membiarkan rangka dan mesin dari motor Street Rod tetap bertahan dan fokus pada pengubahan kaki-kaki motor agar bisa berselancar mulus di atas salju.

Oleh karena itu, mereka mencabut conversion kit dari Camso tipe DTS-129 yang dibuat khusus untuk dirt bike, bukan street bike atau motor yang diciptakan untuk jalanan aspal. Artinya, sang builder juga masih harus bekerja ekstra untuk menyesuaikannya dengan rangka motor.

Mulanya, Guardado menyingkirkan lengan ayun, ban belakang, dan suspensin motor. Lalu, ia membuat pipa pegangan untuk terkoneksi dengan track unit, sebagai pengganti roda yang sudah disingkirkan.

Pemasangan track unit pun tak mudah, karena as penggerak tak sejajar dengan as penggerak dari mesin Street Rod. Alhasil perlu ada penyesuaian lagi agar as track unit dan as dari mesin bisa satu garis lurus.

Untuk bagian depan, roda dan sepakbor disingkirkan berganti papan ski. Suspensi dan segitiga bawaan motor tetap dipertahankan, meski perlu beberapa penyesuaian lagi.

Tak hanya mengganti kaki-kaki saja, performa mesin juga ditingkatkan. Aaron memasang komponen dari Screaming Eagle seperti intake dan knalpot. Lalu kopling pakai otomatis buatan Rekluse agar lebih mudah dikendalikan saat digunakan dipermukaan salju.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA