Hati-Hati, HIV Langsung Menyerang Saraf Otak Sumber Foto: Healthy Life Xtra

Hati-Hati, HIV Langsung Menyerang Saraf Otak

Tivan Rahmat | 05 Dec 2017

GANLOB.COM – Human Immunodeficiency Virus (HIV) menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh manusia karena belum ditemukan obatnya. Yap, virus pembawa AIDS ini bahkan langsung menyerang sistem saraf otak pada fase awal terjangkitnya.

Menurut laporan Sciencedaily, para peneliti dari Universitas Stellenbosch (SU) telah menemukan fakta baru seputar HIV/AIDS yaitu tentang virus yang langsung menginfeksi saraf otak.

Tak jarang, para pasien HIV menunjukkan penurunan tingkat kognitif otak, depresi, pikun, hingga sakit kepala yang berkepanjangan.

“Penelitian terbaru kami menunjukkan bahwa HIV memang memiliki dampak pada otak dan gejala kognitif yang paling mungkin muncul adalah sering merasa lelah dan depresi,” papar Dr. Stefan du Plessis, penulis utama dari penelitian tersebut.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, Stefan beserta tim menggunakan fungsi Magnetic Resonance Imaging (fMRI) sehingga diperoleh rekap aliran darah ke otak  saat melakuan tugas tertentu. Teknologi tersebut dirancang untuk merangsang daerah tertentu pada otak kita.

Lebih lanjut lagi, mereka yang dinyatakan positif terkena HIV cenderung mengalami penurunan aliran darah di daerah striatal otak yang melibatkan fungsi motorik. Akibatnya, beberapa perintah otak pembentuk motivasi, sikap, dan antusiasme terhadap kehidupan menjadi berkurang.

“Pemindaian fMRI menunjukkan bagaimana virus HIV dapat mempengaruhi otak yang terlibat dengan motivasi. Kami berteori bahwa hal ini dapat terjadi sedemikian rupa sehingga pasien seringkali tidak cukup termotivasi unutk minum obat atau sekadar bangun dari tempat tidur.” pungkas Stefan.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA