Acuhkan Pedasnya dan Rasakan Manfaat Wasabi Sumber Foto: Wasabi Corp

Acuhkan Pedasnya dan Rasakan Manfaat Wasabi

Tivan Rahmat | 15 Nov 2017

GANLOB.COM – Pedas dan menyengat hingga ke hidung. Itulah sensasi yang dialami orang saat memakan wasabi. Jadi, tidak mengherankan jika sebagian orang kurang menyukai ‘sambal’ khas Jepang tersebut.

Meski begitu, cobalah untuk menyukai wasabi karena secara medis, manfaat wasabi sangat baik untuk kesehatan.

Mencegah Keracunan Makanan
Bila Ganlobers amati, wasabi tidak pernah berdiri sendiri sebagai hidangan, melainkan dipasangkan dengan makanan mentah, seperti sushi dan sashimi. Apakah kalian tahu apa penyebabnya?

Nah, Rocketnews24 mengabarkan bahwa wasabi mengandung allyl isothiocyanate, sejenis zat insektisida kuat dan bakteriosida yang ampuh dalam memerangi racun makanan, termasuk bakteri jahat yang kerap didapat dari makanan mentah.

Antioksidan
Siapa sangka, dibalik pedasnya wasabi terseimpan sebuah senyawa bernama sulfinyl yang merupakan anti oksidan. Bahkan, mengonsumsi sulfinil secara teratur dapat mencegah penuaan dini dengan cara menurunkan oksigen reaktif dalam tubuh.

Mencegah Kanker
Manfaat wasabi berikutnya berhubungan dengan pencegahan kanker. Penyebabnya, ada pada senyawa 6-MSITC yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dikenal ampuh untuk memerangi sel kanker.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Pada waktu yang sama, senyawa 6-MSITC bukan hanya membunuh sel-sel kanker dalam tubuh, namun juga menghambat agregasi trombosit, yaitu istilah untuk penggumpalan trombosit menjadi bekuan darah. Ringkasnya, khasiat wasabi juga berimbas pada lancaranya sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga menjauhkan seseorang dari risiko serangan jantung dan stroke.

Melawan Pilek dan Alergi
Nah, kalau manfaat wasabi yang terakhir ini berhubungan dengan sensasi menyengat yang dicium oleh hidung. Pasalnya, wasabi melepaskan gas alil isothiocyanate yang membantu melawan bakteri penyebab flu layaknya sebuah inhaler.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA