Telstar 18, Bola Resmi Piala Dunia 2018 dari adidas Sumber Foto: FIFA

Telstar 18, Bola Resmi Piala Dunia 2018 dari adidas

Tivan Rahmat | 12 Nov 2017

GANLOB.COM – Kian mendekati perhelatan Piala Dunia 2018 di Rusia, adidas akhirnya mengumumkan bola resmi yang akan dipakai di pesta sepakbola empat tahunan tersebut.

Telstar 18, demikian nama bola resmi Piala Dunia Rusia 2018 yang adidas berikan. Dikutip dari laman resmi FIFA, adidas Telstar 18 merupakan reinkarnasi dari bola dengan nama serupa yang dipakai pada Piala Dunia 1970.

Sedangkan untuk filosofi, Telstar merupakan akronim dari Television Star (bintang televisi), sehingga diharapkan Piala Dunia 2018 akan menjadi pusat perhatian di seluruh dunia.

Untuk tampilan, motif Telstar memang sengaja dibuat hitam dan putih, motif bola nan legendaris. Selain itu, warna monokrom juga dipilih sebagai ajang nostalgia dengan Piala Dunia 1970, karena waktu itu saluran televisi masih berwarna hitam-putih.

Sama seperti edisi Telstar terdahulu, Telstar 18 pun dibuat dengan motif totol hitam-putih. Bedanya, motif di Telstar 18 berupa hitam gradasi ke abu-abu dan kata Telstar serta logo Piala Dunia Rusia 2018 diberi warna emas.

Dari teknologi, bola Telstar 18 diberi semacam chip NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan penonton juga bisa merasakan sensasinya lewat smartphone.

“Telstar asli adalah salah satu bola paling ikonik sepanjang masa dan yang mengubah desain sepakbola untuk selamanya, sehingga mengembangkan Telstar 18 dengan harus tetap setia pada model aslinya adalah tantangan yang sangat menarik bagi kami,” ujar Direktur Perangkat Keras Sepakbola Adidas, Roland Rommler.

“Struktur panel baru dan penyertaan chip NFC telah membawa inovasi dan desain sepakbola ke tingkat yang baru dan menawarkan pengalaman yang sepenuhnya baru kepada konsumen dan para pemain,” pungkasnya.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA