Kasihan, Ronaldo Masih Jadi Striker Terburuk di Eropa Sumber Foto: Premium Times Hausa

Kasihan, Ronaldo Masih Jadi Striker Terburuk di Eropa

Tivan Rahmat | 07 Nov 2017

GANLOB.COM – Musim kompetisi 2017/2018 sepertinya kurang bersahabat bagi Cristiano Ronaldo. Alasannya, bintang Real Madrid itu tak kunjung menemukan ketajamannya, meskipun kompetisi sudah bergulir nyaris separuh musim.

Hingga jornada 11 La Liga, Ronaldo baru mencetak satu gol saja. Yap, angka tunggal tersebut tentu saja merusak reputasi pria asal Portugal karena di musim sebelumnya, ia sudah mengemas lebih dari lima gol.

Memang, Ronaldo terlambat masuk dalam kompetisi lantaran diganjar hukuman akibat mendorong wasit dalam laga Superocpa de Espana kontra Barcelona. Namun, hal tersebut tdak bisa dijadikan alasan, mengingat rataan gol yang berhasil ia cetak selama Madrid lebih dari 1 gol per pertandingan.

Statistik pertandingan yang dicatat Opta juga memperlihatkan bahwa rasio konversi tembakan dan gol CR7 di La Liga menurun drastis. Sekadar informasi, peraih Ballon d’Or tahun lalu itu sudah melakukan 48 tembakan di La Liga musim ini dan baru mencetak satu gol. Artinya, rasio konversi Ronaldo cuma 2,08% atau terburuk sepanjang kariernya di Madrid.

Untuk membandingkan performa sang bintang dengan lima musim terakhirnya bersama Los Galacticos, berikut ini adalah rasio konversi gol/tembakan Ronaldo dalam lima musim terakhir:

  • Musim 2012-13 – 18%
  • Musim 2013-14 – 19%
  • Musim 2014-15 – 26%
  • Musim 2015-16 – 19%
  • Musim 2016-17 – 19%

Parahnya lagi, performa Cristiano Ronaldo musim ini terlanjur buruk ketimbang striker lainnya yang berkompetisi di Benua Biru. Ia bukan hanya kalah dari rival abadinya, Lionel Messi, namun juga juru gedor dari liga-liga Eropa lainnya, seperti Ciro Immobile (Lazio), Radamel Falcao (AS Monaco), Robert Lewandoswki (Bayern Munchen), hingga Harry Kane (Tottenham Hotspur).

Statistik Cristiano Ronaldo

Hasilnya, kinerja buruk Cristiano Ronaldo di musim ini juga turut berpengaruh pada klasemen Real Madrid di musim ini. Hingga pekan ke-11, tim asuhan Zinedine Zidane itu masih terpapar di urutan ketiga klasemen, selisih delapan poin dari pemuncak klasemen yang masih dipegang seteru El Clasico mereka, Barcelona.

Jadi untuk saat ini, pantaskah Cristiano Ronaldo dilabeli sebagai striker terburuk di Eropa?


KOMENTAR
BERITA LAINNYA