Mengapa Bulu Kuduk Berdiri Saat Ketakutan?

Mengapa Bulu Kuduk Berdiri Saat Ketakutan?

Tivan Rahmat | 06 Nov 2017

GANLOB.COM – Pernahkah Ganlobers mendengar istilah ‘bulu kuduk berdiri’? Yap, jargon ini biasanya menimpa mereka yang berada dalam kondisi ketakutan. Entah itu merasa takut karena mimpi buruk, hantu, atau hal-hal menakutkan lainnya.

Jika kalian masih bertanya mengapa bulu kuduk berdiri saat ketakutan, alasannya bisa dianalisa secara ilmiah lho. Seorang pakar fisiologi dari University of Guelph di Ontario bernama George A. Bubenik mengatakan bahwa kondisi tersebut sangat wajar dan alamiah.

Rinciannya, kondisi tersebut terjadi karena adanya perubahan fisiologi. Dalam kajian ilmiah, kondisi bulu kuduk berdiri disebut merinding atau goosebumps yang disebabkan oleh kontraksi otot-otot pada kulit.

Selain karena rasa takut, Scientificamerican menyebut bahwa kondisi bulu kuduk berdiri juga dialami ketika suhu di sekitar kita lebih dingin, berada di ruangan gelap, atau dalam keadaan berbohong.

Selain karena alasan fisiologi, fenomena tersebut juga dipengaruhi pelepasan hormon stres yang dalam istilah psikologi disebut dengan gelombang bawah sadar alias adrenalin. Adrenalin sendiri diproduksi oleh dua kelenjar kecil di dekat ginjal.

Akibat kontraksi otot dan pelepasan adrenalin tersebut, tubuh juga menambahkan reaksi lainnya, seperti telapak tangan berkeringat, tangan gemetar, peningkatan tekanan darah, hingga denyut jantung yang berdetak lebih kencang alias deg-degan.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA