Waspadai Bakteri Listeria Pada Sayuran Mentah

Waspadai Bakteri Listeria Pada Sayuran Mentah

Tivan Rahmat | 05 Nov 2017

GANLOB.COM – Sayuran mentah kerap dipilih mereka yang bertekad untuk menguruskan berat badan alias diet. Meski begitu, kalian harus berhati-hati sebelum mengonsumsi sayuran mentah karena jika salah sedikit saja saat mencuci sayuran, bakteri berbahaya ini mengintai nyawa kalian!

Menurut kabar dari Hello Giggles, sayuran yang dijual di supermarket pun tidak luput dari bahaya. Selain masih menyisakan pestisida, ada juga bakteri jahat seperti E.Coli, Salmonella, hingga bakteri Listeria.

Khusus untuk Listeria, bakteri ini merupakan salah satu bakteri paling mematikan yang menyebabkan penyakit. Bahkan, studi mencatat bahwa bakteri ini menjadi biang kematian sebanyak 200 orang tiap tahunnya.

Berbeda dengan dua bakteri lainnya yang menyerang tubuh secara perlahan, Listeria yang dibawa sayuran mentah langsung menuju saluran pencernaan dan langsung terbawa ke aliran darah. Jika sudah sampai di aliran darah, Ganlobers tahu sendiri kan jika bakteri ini akan lebih mudah untuk menghasilkan racun yang merusak sel.

Bahayanya lagi, orang yang terserang bakteri ini tidak menunjukkan gejala yang terlihat oleh kasat mata. Namun dalam jangka panjang, bakteri Listeria akan menyerang sel dan saraf yang mengakibatkan sakit kepala, kekakuan, demam, dan nyeri otot. Bahkan pada beberapa orang, mereka sampai mengalami ketidaksadaran diri.

Oleh karena itu, Ganlobers sangat disarankan untuk menyegerakan pencucian sayuran yang sudah kalian beli, sebelum dikonsumsi. Oh iya, kalian juga perlu menjaganya dalam kondisi segar di suhu yang tepat.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA