Astaga, Efek Samping Deodoran Turunkan Kualitas Sperma! Sumber: Indian Express

Astaga, Efek Samping Deodoran Turunkan Kualitas Sperma!

Tivan Rahmat | 13 Sep 2017

Karena lebih mudah berkeringat, pria kerap menggunakan deodoran untuk menghindari bau ketiak, sekaligus mendongkrak rasa percaya diri mereka. Namun, tahukah Ganlobers jika efek samping deodoran berpengaruh pada vitalitas pria?

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa beberapa zat kimia pada deodoran bisa menurunkan kualitas sperma pria. Di Polandia, para peneliti mengamati 315 pria yang rutin menggunakan deodoran tiap harinya. Mayoritas dari mereka pun mengalami masalah seksual, terutama pada kesuburan sperma mereka.

Bahkan secara global, infertilitas mempengaruhi 1 dari 20 pria di dunia. Rinciannya, 20% dari mereka memiliki jumlah sperma rendah, di antara presentase tersebut terdapat 2-3% pria yang tidak menghasilkan sperma sama sekali.

Sebelum sampai pada kesimpulan tersebut, para peneliti melakukan serangkaian uji coba. Mulai dari mengambil sampel urin, air mani dan darah dari masing-masing pria. Lalu, peneliti menentukan jumlah sperma, kualitas, serta jumlah bahan kimia yang ditemukan di tubuh mereka.

Hasilnya, pria yang memiliki jumlah paraben dalam urin lebih banyak memiliki sperma berukuran lebih lambat dan tidak normal. Oleh karena itu, para peneliti sepakat bahwa paraben inilah yang menyebabkan tidak suburnya pria secara fisik. Dalam jangka panjang, pembuahan pun menjadi terhambat sehingga potensi untuk memiliki keturunan pun semakin kecil.

Salah satu peneliti, Joanna Jurewicz dari Nofer Institute of Occupational Medicine di Lodz mengatakan bahwa sebaiknya para pria tidak bergantung pada deodoran yang membawa paraben untuk mengatasi bau badan mereka.

“Paraben zat kimia yang bisa menyerap ke dalam tubuh manusia. Tentu dampaknya banyak, salah satunya yakni mengakibatkan gangguan fungsi sperma pria yang bisa merugikan dirinya,” pungkas Joanna seperti dikutip dari Daily Star.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA