Pesaing Avanza Mengaspal, Begini Harga dan Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Pesaing Avanza Mengaspal, Begini Harga dan Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Tivan Rahmat | 11 Aug 2017

TANGERANG SELATAN, GANLOB.COM – Mitsubishi Motor Corporation (MMC) baru saja merilis line-up terbarunya, Xpander, dalam sebuah pameran otomotif yang digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, pada Kamis (10/08/2017).

Memadukan konsep Sport Utility Vehicle (SUV) dan Multi Purpose Vehicle (MVP), Mitsubishi Xpander digadang-gadang bakal menjadi pesaing ‘Mobil Sejuta Umat’ yang saat ini masih dipegang oleh Toyota Avanza.

“Mitsubishi Xpander dirancang untuk memperluas kehadiran MMC yang kuat di pasa SUV dan kendaraan niaga ringan di Indonesia untuk masuk ke segmen MPV yang besar dan terus berkembang, serta segmen lainnya di seluruh wilayah ASEAN. Kami ingin menjadi yang terdepan di perkembangan segmen ini dengan memperluas kehidupan konsumen kami,” ujar Chief Executive Office MMC, Osamu Masuko.

Pertanyaannya, pantas dan layakkah Mitsubishi Xpander disandingkan dengan Avanza? Coba lihat dulu perbandingan spesifikasi dan harganya, Ganlobers.

Mitsubishi Xpander

Spesifikasi

Mitsubishi Xpander dipersenjatai mesin 1,5 liter DOHC MIVEC dengan 5 transimisi percepatan (manual) dan 4 percepatan untuk versi otomatis. Sementara Avanza ditopang mesin 1,5 liter DOHC D-VVTi yang juga memiliki transmisi percepatan yang serupa.

Untuk dimensi mobil, jagoan asal Tiongkok lebih luas. Perhitungan matematisnya, Xpander berukuran 4.475 mm x 1.750 mm x 1.700 mm, berbeda dengan Avanza yang ‘hanya’ berdimensi 4.190 mm x 1.660 mm x 1.700 mm.

Di sektor keamanan, Avanza sepertinya masih unggul karena didukung oleh anti-locking braking system (ABS), seatbelt pretensioner dan force limiter, serta sabuk pengaman tiga tiitk di tengah. Sedangkan Xpander bersandar pada Electronic Stability Control (ESC).

Perbedaan Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza juga berada pada konfigurasi penggerak roda. Xpander menggunakan penggerak depan, sementara Avanza memakai penggerak roda belakang.

Harga

Turun di segmen pasar yang cukup gemuk, harga Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza cukup kompetitif. Pasalnya, semua varian Xpander dilabeli nominal mulai Rp. 189 juta – Rp. 246 juta,. Sedangkan Avanza mulai Rp. 185 juta – Rp. 234 juta.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA