Cukupi Asupan Serat dalam Tubuh @Sinada Dental

Cukupi Asupan Serat dalam Tubuh

Dian | 09 Aug 2017

GANLOB.COM – Kalian sering mengalami sembelit atau susah buang air besar? Itu merupakan salah satu indikasi tubuh kalian kurang serat. Serat bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan, karena itulah kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsinya secara rutin.

“Mengonsumsi pangan serat tinggi dapat membantu memperlancar jalannya makanan dari mulut hingga ke saluran pembuangan pada tubuh manusia. Cukup mengkonsumsi serat pangan baik bagi kesehatan kita, di antaranya membantu mengontrol berat badan karena serat pangan memberi efek rasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengatur frekuensi makan agar lebih disiplin, dan menjaga kadar gula darah sehingga bisa mencegah penyakit diabetes.”

“Di dalam usus besar, serat pangan juga membantu menyerap sisa pencernaan yang bersifat karsinogen (salah satu penyebab kanker) sehingga dapat mengurangi resiko kanker kolon dan gangguan gastrointestinal lainnya, serta menjaga kadar kolesterol dalam darah sehingga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler,” terang Spesialis Penyakit Dalam Dr. Hardianto Setiawan Ong, SpPD-KGEH, FINASIM yang ditemui Ganlob.com dalam sebuah acara.

Dr. Hardianto Setiawan Ong

Menurut Dr. Hardianto, kebutuhan serat pangan yang dianjurkan adalah 30 gram per hari dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika terlalu banyak asupan serat makan dapat menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut. Hal ini dikarenakan meningkatnya pergerakan dalam usus.

“Oleh karena itu, diperlukan kombinasi yang tepat antara serat larut dan tidak larut dalam air agar proses eksresi dapat berjalan optimal, tambah dokter yang praktek di Siloam Hospitals Kebon Jeruk ini.

Selain dari sayuran dan buah-buahan, kebutuhan serat kini bisa kalian dapatkan dari fiber creme, yaitu multipurpose creamer tinggi serat dengan rasa creamy yang enak dari Ellenka. Krimer serbaguna ini bisa digunakan sebagai campuran makanan, minuman, kue untuk memasak atau sebagai pengganti santan dan susu.

Dengan kompisisi utama serat pangan oligosakarida yang bersifat prebiotik dan memiliki sifat rendah kalori, mengkonsumsi FiberCreme sesuai anjuran penggunaan dapat membantu memperlancar pencernaan,” jelas Direktur PT Lautan Natural Krimerindo Hendrik Gunawan.

serat tubuh


KOMENTAR
BERITA LAINNYA