Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik @homeowner.com

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Dian | 19 Jun 2017

GANLOB.COM – Salah satu tradisi Lebaran yang paling ditunggu-tunggu banyak orang adalah mudik. Namun meninggalkan rumah saat mudik juga perlu tips khusus agar rumah tetap aman dan tidak was-was saat mudik. Silahkan simak tipsnya berikut ini.

Pastikan pintu dan jendela terkunci
Sebelum meninggalkan rumah pastikan pintu dan jendela terkunci, bila perlu lengkapi dengan pengaman rangkap. Jangan meninggalkan kunci rumah cadangan di tempat yang gampang ditemukan, seperti di bawah pot atau keset.

Cabut listrik dan gas
Pastikan juga untuk mencabut dan mematikan perangkat elektronik yang tidak diperlukan sebelum meninggalkan rumah untuk menghindari pemborosan dan risiko kebakaran. Sebaiknya gunakan lampu otomatis untuk lampu teras atau depan jalan. Jangan lupa untuk mencabut selang regulator dari tabung gas dan kompor untuk menghindari kebocoran gas.

Tidak meninggalkan barang berharga
Sebelum mudik, pastikan kalian tidak meninggalkan barang berharga di rumah, seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah dan lain-lainnya. Simpanlah barang tersebut di bank atau titipkan dengan pihak keluarga yang bisa dipercaya.

Gunakan CCTV
Bila perlu pasanglah alarm keamanan dan kamera pengintai (CCTV) dibeberapa titik rawan kejahatan di rumah seperti halaman, ruang tamu atau kamar tidur.

Lapor RT atau RW setempat
Jangan lupa untuk melapor kepada petugas keamanan atau RT dan RW setempat bahwa kalian akan mudik. Tinggalkan juga nomor ponsel yang aktif, sehingga mereka bisa menghubungi Anda jika ada hal penting. Kalian juga bisa meminta bantuan pada tetangga dekat yang tidak mudik untuk mengecek atau menjaga rumah kalian.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA