Tiga Tahapan Menjaga Kesehatan Ginjal Sumber Foto: Wakalanews

Tiga Tahapan Menjaga Kesehatan Ginjal

Tivan Rahmat | 12 Jun 2017

GANLOB.COM – Fungsi ginjal bagi tubuh sangatlah besar karena berfungsi sebagai alat ekskresi tubuh. Oleh karena itu, diperlukan tahapan khusus untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti dilansir Timesofindia, Senin (12/06/2017).

Primer
Menurut Dr. Ravi Bansal, Konsultan Senior Ginjal dari Rumah Sakit PSRI di India mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan ginjal, seseorang perlu memeriksa rutin perihal tekanan darah dan diabetes.

Tes fungsi ginjal secara berkala, setiap satu tahun sekali jika tidak memiliki riwayat penyakit ginjal. Jika memiliki riwayat penyakit ginjal, lakukan tes fungsi ginjal setiap enam bulan sekali.

Sekunder
Untuk fase kedua, bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup, terutama dengan rutin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, menghindari alkohol, serta menjauhi rokok. Selain itu, jangan terlalu sering memakan junk food.

Tersier
Jika sudah terdeteksi menderita penyakit ginjal, lakukan tindakan dengan segera menghubungi dokter spesialis. Biasanya, hemodialisa atau cuci darah menjadi rutinitas para pasien. Opsi lainya, bisa dengan melakukan transplantasi ginjal dengan tindakan yang aman.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA