Seandainya Hujan, MotoGP Prancis Lebih Bersahabat dengan Rossi Sumber Foto: Crash.net

Seandainya Hujan, MotoGP Prancis Lebih Bersahabat dengan Rossi

Tivan Rahmat | 17 May 2017

GANLOB.COM – Valentino Rossi selalu mendapatkan hasil baik jika melintasi Sirkuit Le Mans dalam keadaan basah. Maka tidak mengherankan jika pebalap Movistar Yamaha tersebut memiliki julukan lainnya selain The Doctor, yaitu ‘Sang Penguasa Hujan’.

Sekadar catatan, julukan tersebut tidak sembarang disematkan kepada juara dunia MotoGP 9 kali ini. Di MotoGP Prancis, pebalap asal Italia tersebut sudah menjuarai 3 kali balapan saat sirkuit diguyur hujan, yaitu pada 2002, 2005, dan 2008. Di lintasan kering, ia juga mampu naik podium sebanyak 7 kali pada musim 2003, 2010, 2011, 2012, 2014, 2015, dan 2016.

Oleh karena itu, Rossi merasa lebih percaya diri jelang balapan di MotoGP Prancis, akhir pekan ini.

“Kalau boleh memilih, saya pilih balapan dalam cuaca kering. Namun saya juga merasa lebih tangguh jika membalap dalam cuaca hujan. Apalagi jika hujan sudah turun sejak awal balapan, maka itu lebih baik,” ujar pebalap 38 tahun tersebut.

Tidak hanya statistik yang berbicara, ‘keuntungan’ Rossi di Le Mans juga didapat dari Michelin yang secara resmi telah mengeluarkan ban tipe baru. Ban tersebut kabarnya sudah disesuaikan dengan kondisi Sirkuit Le Mans yang baru diaspal ulang demi MotoGP Prancis.

Sebelumnya, ban di empat seri sebelumnya banyak dikeluhkan para pebalap karena dinilai kurang bisa beradaptasi dengan cuaca dan suhu lintasan.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA