Tak Hanya Ganggu Pencernaan, Bakteri Usus Juga Picu Stroke Sumber Foto: neurosafari

Tak Hanya Ganggu Pencernaan, Bakteri Usus Juga Picu Stroke

Tivan Rahmat | 13 May 2017

GANLOB.COM – Selama ini, bakteri jahat pada usus selalu dikaitkan dengan gangguan sistem pencernaan. Tapi, penelitian terbaru memaparkan bahwa terdapat jenis bakteri usus yang bisa menyebabkan stroke mematikan.

Bakteri tersebut biasanya bergerombol (koloni) di perut yang lantas menyerang sistem saraf yang terhubung dengan otak. Gejala ini biasa disebut dengan cerebral cavernous malformasi (CCMs).

Biasanya, pasien yang mengalami gejala tersebut langsung mengalami gangguan pembuluh darah yang membuatnya harus menjalani paliatif, bentuk perawatan medis yang berkonsentrasi pada pengurangan keparahan gejala penyakit, tanpa berusaha untuk menghentikan ataupun menunda serangan virus.

Lengkapnya, studi yang dipimpin oleh peneliti dari University of Pennsylvania ini terlebih dahulu mempelajari rekayasa genetika tikus yang rentan terhadap pengembangan vaskular lesi di otak mereka. Pemilihan tikus disengaja karena hewan pengerat tersebut dipenuhi bakteri usus.

Selanjutnya, peneliti menguji tingkat risiko infeksi akibat bakteri bacteroides fragilis yang bisa memicu komplikasi pada bagian limpa dan pembuluh darah otak. Hasil akhirnya, objek percobaan menderita stroke.

Dari penelitian tersebut, para peneliti lantas berasumsi bahwa kemungkinan besar pengaruhnya juga berdampak pada manusia.

“Manusia dengan jutaan bakteri di ususnya dapat mengalami stroke. Karena bakteri bisa menginfeksi organ tubuh bagian manapun, termasuk pembuluh darah otak,” pungkas salah satu peneliti, Jaesung Peter Choi dari University of Sydney di Australia, seperti dilansir Sciencealert, Jumat (12/05/2017).

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA