Daun Bayam ‘Disulap’ Menjadi Jaringan Jantung

Daun Bayam ‘Disulap’ Menjadi Jaringan Jantung

Dian | 06 Apr 2017

GANLOB.COM – Daun bayam punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, namun kini daun favorit Popeye ini punya manfaat besar lainnya.

Ilmuwan dari Worcester Polytechnic Institute (WPI) berhasil membuat jaringan jantung lengkap dengan pembuluh darahnya dari daun bayam. Jaringan pembuluh darah hewan dan tumbuhan sebenarnya mirip. Ini membuat pembuatan jaringan tiruan untuk hewan dan manusia dari jaringan tumbuhan menjadi memungkinkan.

Seperti dikutip Kompas.com, untuk menyulap daun bayam menjadi jaringan jantung, Joshua Gershlak, pimpinan proyek penelitian, mengalirkan larutan detergen ke daun bayam. Ini bertujuan untuk membersihkan bayam dari klorofil dan material lain yang diangkut. Bagian yang disisakan hanya selulosa. Proses ini disebut deselularisasi

Diberitakan Science Alert, pada tahap akhir, Gershlak mencoba mengalirkan darah pada jaringan tiruan itu dan itu ternyata bekerja. Sejauh ini, peneliti baru berhasil membuktikan bahwa gagasannya sukses secara konsep. Daun bayam yang disulap menjadi jaringan jantung belum diujikan pada jantung manusia secara langsung. Mereka juga belum punya gambaran apakah jaringan jantung dari daun bayam itu akan bisa menyatu dengan jantung dan tidak ditolak tubuh.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA