Rawatlah Setelan Jas Kesayanganmu

Rawatlah Setelan Jas Kesayanganmu

Dian | 20 Mar 2017

GANLOB.COM – Walaupun terbilang sangat jarang dipakai, namun setiap pria sebaiknya memiliki minimal 2 setelan jas di dalam lemarinya. Karena harganya yang lumayan mahal, maka setelan jas pun harus kamu jaga dan rawat agar selalu awet.

Berikut beberapa tips merawat setelan jas yang bisa kalian intip.

Kenali bahan jas
Kenalin dahulu bahan jas kalian, karena setiap bahan memiliki teknik mencuci yang berbeda. Sebagian bahan bisa kalian bersihkan dengan metode wet-cleaning, namun ada beberapa bahan khusus, salah satunya wool yang harus kalian cuci dengan metode dry-cleaning agar tidak rusak.

Jangan terlalu sering dicuci
Setelan jas biasanya hanya dipakai untuk acara-acara tertentu dalam jangka waktu hanya beberapa jam. Jika jas tidak terlalu kotor, cukup angin-anginkan saja. Usahakanlah untuk tidak terlalu sering mencuci jas, karena bisa menyebabkan bahan cepat pudar.

Namun jangan menunda untuk mencuci jas jika jas terkena noda atau kotoran, agar noda tidak lengket.

Gunakan steamer
Hindari menyeterika jas dan pakailah setrika uap atau steamer agar setelan jas kalian tetap terlihat rapi dan licin serta jas kalian tetap awet.

Simpan jas dengan benar
Jas tidak boleh dilipat atau di masukkan kedalam lemari dalam waktu lama, karena jas akan berjamur, penyimpanan jas yang baik adalah digantung dan ditutup plastik pembungkus jas. Jas juga harus rutin diangin-anginkan agar terbebas dari bakteri dan jamur.

Gunakan garment bag
Jika membawa jas saat bepergian garment bag adalah satu satu barang yang wajib dimiliki. Pilih garment bag yang mudah dijinjing, ringan, dan breathable alias tidak padat dan sesak agar ketika jas disimpan dalam garment bag ini, jas tetap bisa “bernafas”, terlindungi dan tidak kusut

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA