Susah BAB? Simak Cara Agar Tinja Tidak Keras Berikut! Sumber Foto: First Health Mag

Susah BAB? Simak Cara Agar Tinja Tidak Keras Berikut!

Tivan Rahmat | 19 Mar 2017

GANLOB.COM – Salah satu penyebab buang air besar (BAB) tidak lancar adalah karena kontur tinja yang keras, sehingga sulit untuk melewati dinding anus. Meski begitu, terdapat cara agar tinja tidak keras, seperti dengan mengonsumsi makanan berikut.

Apel
Dalam satu buah apel, rata-rata terkandung 4,5 gram serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Artinya, khasiat apel berfungsi untuk mencegah sembelit.

Jeruk
Menurut laporan Timesofindia, Minggu (19/03/2017), satu buah jeruk mengandung 4 gram serat dan rendah kalori. Selain itu, vitamin C dan flavanol pada jeruk juga berfungsi sebagai pencahar alami.

Popcorn
Tidak ada yang menyangka bahwa popcorn jagung dapat melunakan tinja manusia. Syaratnya, popcorn jangan ditambahi bumbu lain alias dimakan tawar. Satu mangkuk popcorn jagung rasa original mengantung satu gram serat dan kaya akan antioksidan yang ampun untuk membuang racun pada usus, sekaligus melancarkan pencernaan.

Oats
Cara agar tinja tidak keras yang terakhir adalah dengan rajin mengonsumsi oats. Berdasarkan penelitian, satu cangkir oats mengandung dua gram serat yang larut dalam air sehingga memudahkan usus untuk mencerna makanan.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA