Sejarah Terukir, Wanita Ini Jadi Pelatih Timnas Italia Junior Sumber Foto: Radio Calcio

Sejarah Terukir, Wanita Ini Jadi Pelatih Timnas Italia Junior

Tivan Rahmat | 19 Mar 2017

GANLOB.COM – Sebuah catatan baru menghiasi sejarah sepakbola Italia. Pasalnya, Timnas Italia U-16 dilatih oleh seorang wanita.

Adalah Patrizia Panico, wanita yang mencatatkan namanya sebagai pelatih wanita pertama yang menukangi Gli Azzurrini. Ia bertugas untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Daniele Zoratto, yang dipromosikan menangani Italia U-19.

Nantinya, Panico akan memimpin pasukan muda Italia untuk melakoni dua partai persahabatan yang akan digelar pada 22 dan 24 Maret mendatang. Soal kesan pertamanya menangani tim sepakbola pria, sosok 42 tahun itu pun tidak bisa menutupi rasa bangganya.

“Di hari pertama (melatih), saya bahkan tidak sadar bahwa Zoratto pergi untuk menangani Timnas Italia U-19. Namun ini jadi masuk akal, karena saya adalah asistennya (di Timnas U-16),” tutur legenda sepakbola wanita Italia itu seperti dikutip dari Goal, Minggu (19/03/2017).

Ia pun berharap agar dirinya bisa menginspirasi wanita lainnya di seluruh dunia yang ingin mengikuti jejaknya sebagai pelatih sepakbola pria.

“Masih banyak dinding yang harus saya runtuhkan (untuk membuat wanita setara dengan pelatih pria). Namun, menjadi pelatih wanita pertama di tubuh Timnas Italia kelompok pria jelas sangat membanggakan. Ini menjadi yang pertama, dan saya bisa menjadi inspirasi buat yang lainnya,” tukas Panico.

Sebelum bergelut di dunia kepelatihan, Patrizio Panico merupakan salah satu striker terbaik yang dimiliki Italia. Ia mengoleksi 104 gol dari 204 penampilannya bersama Gli Azzurri. Namanya pun tercatat dalam Hall of Fame FIGC (Federasi Sepakbola Italia).


KOMENTAR
BERITA LAINNYA