Lima Pantangan yang Harus Dihindari Saat Batuk Sumber Foto: DIY Health Remedy

Lima Pantangan yang Harus Dihindari Saat Batuk

Tivan Rahmat | 15 Mar 2017

GANLOB.COM – Saat mengidap sebuah penyakit, biasanya terdapat beberapa ‘pantangan’ yang harus dipatuhi pasien agar lekas sembuh, tidak terkecuali batuk. Nah, berikut ini makanan dan minuman yang harus dihindari saat batuk menyerang.

Teh dan Kopi
Mungkin banyak yang menyarankan agar orang yang sedang batuk untuk meminum teh hangat. Padahal, Zeenews melansir, Selasa (14/03/2017), bahwa minuman berkafein seperti teh dan kopi ‘diharamkan’ bagi mereka yang sedang dilanda batuk. Alasannya, para peneliti sepakat bahwa kafein justru membuat tenggorokan menjadi lebih sakit saat menelan.

Gorengan
Godaan kedua bagi orang yang sedang batuk datang dari gorengan. Yap, cemilan khas Indonesia yang banyak mengandung minyak ini akan memicu allergen batuk yang membuat tenggorokan semakin gatal.

Snack
Tanpa disadari, zat kimia yang terdapat dalam aneka makanan ringan alias snack akan menurunkan imunitas tubuh orang yang mengonsumsinya, termasuk mereka yang sedang batuk. Akibatnya, proses penyembuhan batuk pun menjadi terhambat.

Minuman Beralkohol
Pantangan saat batuk lainnya adalah dilarang mengonsumsi minuman beralkohol. Selain kandungan alcohol yang akan membuat tenggorokan panas, zat kimia yang memabukan tersebut juga menyebabkan dehidrasi. Artinya, tenggorokan menjadi lebih kering dari biasanya yang tentunya akan semakin membuat sakit tenggorokan.

Es Krim
Pantangan yang harus dihindari saat batuk yang terakhir adalah es krim. Sangat menggiurkan memang saat melihat hidangan dingin ini melumer di mulut. Akan tetapi, kandungan gula dan rasa dingin es krim justru akan memperburuk kondisi batuk, bahkan bisa menyebabkan infeksi tenggorokan.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA