Rawat Vinyl Kesayangan Kamu!

Rawat Vinyl Kesayangan Kamu!

Dian | 17 Feb 2017

GANLOB.COM – Vinyl Record atau Piringan Hitam, merupakan media rekam kuno yang telah dikenal sejak tahun 1940-an sebelum era kaset, CD maupun musik digital mewabah. Namun kini vinyl kembali digilai karena kerennya kualitas suara yang dihasilkannya. Beberapa orang bahkan menjadikan piringan hitam sebagai koleksi.

Agar awet dan tetap oke walaupun udah puluhan tahun, piringan hitam haruslah dirawat. Caranya gampang banget kok, silahkan simak tipsnya berikut ini.

Simpan di tempat kering
Simpanlah vinyl di ruangan yang kering dan sejuk. Pastikan ruangan tidak lembab, karena udara yang lembab bisa membuat vinyl kamu berjamur.

Taruh di lemari khusus
Simpan koleksi piringan hitam di lemari atau rak khusus demgan sirkulasi udara yang baik. Biasakanlah untuk selalu memasukkan piringan hitam ke dalam covernya setelah dipakai dan sebelum disimpan, hal ini selain akan terlihat rapi, juga menjaga agar vinyl tidak tergores atau rusak. Simpanlah vinyl dalam posisi berdiri.

Bersihkan vinyl
Selalu pastikan bahwa vinyl koleksi kamu dalam keadaan bersih dan bebas dari debu agar kualitas suaranya tetap terjaga.

Untuk membersihkan debu atau kotoran, kalian bisa menggunakan sikat khusus vinyl, sedangkan untuk membersihkan jamur, kamu bisa menggunakan lap atau tisu lembut disertai pembersih. Bersihkan vinyl searah jarum jam agar pita vinyl tidak lecet.

Keringkan vinyl setelah dibersihkan
Setelah dibersihkan jemur di tempat yang sejuk. Pastikan vinyl benar-benar kering sebelum disimpan. Jangan pernah menjemur piringan hitam di bawah sinar matahari langsung. Piringan hitam terbuat dari karbon, sehingga mudah melengkung jika terkena panas.

Putar dengan bijak
Sebelum memutar piringan hitam, pastikan kamu mengelap vinyl terlebih dahulu. Pastikan juga turtable atau alat pemutar vinyl dalam kondisi baik. Segera berhenti dan periksa vinyl atau turntable jika vinyl macet agar jarum turntable tidak rusak atau patah.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA