Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Habis Sumber Foto: CBC

Cara Menghemat Baterai Smartphone Agar Tidak Cepat Habis

Tivan Rahmat | 17 Feb 2017

GANLOB.COM – Masalah boros baterai kerap dikeluhkan para pemilik smartphone. Padahal, keberadaan ponsel pintar cukup menunjang mobilitas mereka. Oleh karena itu, yuk kita intip cara menghemat baterai smartphone agar tidak cepat habis berikut ini.

Hindari Multitasking
Jika sudah membuka satu aplikasi pada smartphone, usahakan tutup kembali sebelum Ganlobers menjalankan aplikasi lainnya. Hal ini digunakan agar kapasitas RAM terjaga, sekaligus mengurangi ‘tugas’ prosesor. Jika tugas prosesor berkurang, daya yang dikeluarkan baterai pun bisa diminimalisir.

Kurangi Intensitas Cahaya pada Layar
Tingkat kecerahan cahaya pada layar juga turut mempengaruhi pemakaian baterai. Semakin terang intensitas cahaya yang diberikan, semakin cepat habis pula baterai smartphone kalian.

Kurangi Bermain Game
Terlalu lama bermain game pada smartphone sering menyebabkan panas berlebihan alias overheating. Alasannya, CPU dan GPU dipaksa untuk bekerja lebih demi memaksimalkan gameplay permainan tersebut, sehingga menguras daya yang cukup banyak. Oleh karena itu, jangan terlalu sering bermain game.

Matikan GPS, Bluetooth, dan WiFi
Aneka konektivitas pada smartphone juga lumayan menyedot ketersediaan baterai kalian. Jadi, gunakanlah GPS, bluetooth, dan WiFi seperlunya saja.

Jangan Terlalu Lama di Charge
Copotlah chargeran jika ponsel Ganlobers sudah terisi penuh. Pasalnya, jika arus listrik terus mengisi baterai ponsel, berisiko terjadi korsleting (bulit-in battery). Sedangkan untuk smarpthone yang baterainya bisa dilepas, biasanya baterai akan menjadi kembung.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA