Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Begini Solusinya! Sumber Foto: MerchantCircle

Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Begini Solusinya!

Tivan Rahmat | 16 Feb 2017

GANLOB.COM – Ikan merupakan salah satu hidangan yang sanggup membangkitkan selera makan. Bahkan saking lahapnya, terkadang kita kurang berhati-hati saat memakannya yang berakhir dengan tulang ikan nyangkut di tenggorokan. Jika sampai hal itu terjadi, begini cara mengatasi ikan nyangkut di tenggorokan.

Lakukan Dorongan Perut
Cara paling mudah mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan adalah dengan melakukan dorongan ke perut. Mintalah teman di dekat Ganlobers untuk mendorong perut kalian agar mengurangi efek tersedak yang merupakan akibat terjebaknya makanan di tenggorokan, sekaligus mendorong makanan yang sudah tertelan untuk dimuntahkan.

Pukul Leher Bagian Belakang
Jika cara mengatasi tulang ikan nyangkut yang pertama belum berhasil, lanjutkan dengan memukul-mukul leher bagian belakang. Langkah ini cukup efektif karena dalam kebanyakan kasus, tulang ikan akan langsung meluncur dari tenggorokan.

Minum Air
Nah, cara yang satu ini sebenarnya refleks dilakukan. Pada umumnya, orang akan langsung minum air bila saat makan, mereka tersedak atau makanan mereka tertinggal di tenggorokan. Perlu dicatat, langkah ini harus dilakukan secara berkala. Artinya, jangan langsung minum sebanyak-banyaknya karena dorongan air yang terlalu banyak justru akan melukai tenggorokan.

Makan Nasi atau Pisang
Jika cara sebelumnya belum berhasil juga, cobalah untuk mengepalkan nasi putih dan langsung kalian telan tanpa dikunyah. Atau, Ganlobers juga bisa mengganti nasi dengan pisang. Pokoknya, makanan yang menjadi pendorong tulang ikan di tenggorokan haruslah berserat, karena seratnya itulah yang akan mendorong tulang ikan masuk ke pencernaan.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA