Lima Tips Merawat Earphone Agar Awet @AskMen

Lima Tips Merawat Earphone Agar Awet

Dian | 13 Feb 2017

GANLOB.COM – Eaphone merupakan salah satu barang elektronik yang paling sering kita gunakan, baik saat berolahraga, bersantai atau di kendaraan umum. Walaupun termasuk penting, namun kadang kita lupa untuk merawatnya.

Merawat earphone sangatlah gampang, berikut lima tips yang bisa kalian simak.

Simpan earphone dengan benar
Agar earphone tidak rusak akibat tertindih barang lain dan kabel earphone tidak kusut, simpanlah earphone di tempat/kasingnya atau tas kecil khusus. Menyimpan earphone di dalam saku celana, kantong kemeja, dan di dalam tas sangat tidak disarankan.

Perhatikan gulungan kabel
Jangan sembarang menggulung kabel earphone karena bisa membuat komponen di dalam kabel rusak atau putus. Caranya, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tanganmu dengan pola seperti angka delapan. Sisakan beberapa bagian, lalu lilitkan pada bagian tengah. Setelah itu, masukkan ujung colokan pada lubang lilitan.

Jangan setel volume earphone terlalu keras
Jangan menyetel volume earphone terlalu keras, karena selain bisa menggangu kesehatan telingamu, juga dapat mempengaruhi performa earphone. Terlalu sering pasang volume keras bisa bikin komponen earphone mudah rusak dan suaranya juga kadang jadi tak jernih lagi.

Bersihkan earphone dengan rutin
Debu atau kotoran dan air yang menempel pada earphone bisa membuat performa suara yang dihasilkan earphone tidak maksimal, karena itu rutinlah untuk membersihkan earphone. Bersihkan kepala earphone dengan menggunakan lap, kapas atau cotton bud yang dicelupkan dalam alkohol 70%. Sebelum menggunakan earphone pastikan juga telinga kamu bersih.

Jangan sering meminjamkan earphone pada orang lain
Usahakanlah untuk tidak meminjamkan earphone kalian pada orang lain, karena kalian tidak tahu apakah telinga orang tersebut bersih atau tidak. Selain itu, kalian juga tidak tahu apakah dia menjaga earphone kalian dengan baik atau tidak.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA